istimewa
GENIAL.ID, Kendari - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara memasang target memperoleh sembilan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ketua KONI Sultra, Agista Ariyani Bombay di Kendari, Selasa mengatakan target tersebut realistis mengacu pada perolehan enam medali emas PON XIX di Jawa Barat pada 2016.

"Target sembilan medali emas PON XX tidak muluk-muluk. Kalau tercapai ada peningkatan signifikan dibandingkan PON XIX," kata Agista.

Untuk mewujudkan mimpi meraih sembilan medali emas pada PON Papua membutuhkan komitmen dari segenap penggiat olahraga mulai dari atlet, pelatih, pengurus cabang olahraga, pengurus KONI, pemerintah daerah dan mitra pihak ketiga.

Oleh karena itu, kata dia, pengurus KONI Sultra menggelar rapat untuk mengevaluasi kesiapan para atlet menghadapi PON XX Papua 2021.

“Hasil rapat menjadi bahan evaluasi dalam rangka mempersiapkan para atlet menyongsong PON XX Papua. Atlet harus disiapkan," katanya.

KONI Sultra mempersiapkan tim dokter sehingga setiap saat kondisi kesehatan dan kecukupan gizi atlet terpantau secara akurat.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sultra, Isnain Kimi mengatakan atlet yang akan membela panji Sultra pada PON XX Papua tersebar di 12 cabang olahraga.

Sultra akan bertanding dalam 12 cabang olahraga pada PON Papua, yakni pada cabang karate, pencak silat, taekwondo, muay thai, balap motor, dayung, atletik, bulu tangkis, soft ball, renang, selam dan panjat dinding.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaksanaan PON XX di Papua menurut rencana akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dan akan diikuti 6.484 atlet dari 34 provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam total 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 697 nomor pertandingan/perlombaan.  

Disebutkan juga bahwa total peserta dan perangkat pertandingan PON yang akan datang ke Papua sebanyak 21.338 orang.
 

You may also like