Istimewa
Genial - Setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dengan rasa ikhlas pasti akan terasa ringan. Bisa jadi apa yang kita lakukan dianggap berat atau sulit bagi orang lain.

Ikhlas akan menjadi kekuatan besar dalam kehidupan kita. Maka itu, teruslah tanam rasa ikhlas ini di dalam hati sanubari kita.

Bagi seorang muslim ikhlas merupakan kunci diterima seluruh amal ibadah. Maka itu, ikhlas menjadi indikaator kesempurnaan keislaman seseorang. Siapapun yang memiliki sifat ini maka dia termasuk manusia yang memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah. Sebab, seluruh amalan shalih  yang telah mereka kerjakan pasti akan diterima disisi Allah SWT.

Ikhlas memiliki arti menetapkan semua tujuan amal perbuatan sebelum mengerjakannya. Ini merupakan perwujudan dari niat sebelum mengerjakan amal shalih dan benar-benar mengharapkan balasan dari Allah SWT.

Ikhlas ini memiliki kunci penting dalam beribadah. Maka itu kita sebagai umat Islam kuatkan hati  sebelum beramal dengan benar-benar ikhlas. Sebab, semua perbuatan kita akan ditentukan dari niat.

Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim “Sesungguhnya setiap amal tergantung kepada niatnya, dan setiap orang memperoleh apa yang ia niatkan. ”

Sangat disayangkan kita sudah beribadah tidak murni karena Allah SWT. Kita beribdah untuk mendapatkan pujian atau penilaian dari manusia. Sebesar apapun amal ibdah yang kita sudah lakukan tidak akan mendapatkan ganjaran dari Allah. 

Maka, saat ini marilah kita luruskan niat dalam beridah. Jadikan ibadah karena Alllah, bukan karena ingin mendapatkan pujian dari manusia. Semoga kita termasuk orang-orang yang ikhlas dalam beridah. (Mir) 

You may also like