Sulhamran
"Janganlah Sekali-kali Melupakan Sejarah" (Bung Karno)

"Kejarlah Duniamu seolah-olah engkau hidup selama-lamanya dan Kejarlah Akheratmu seakan-akan engkau mati esok" (Penulis)

Genial, Tafkir - Sesungguhnya bulan Ramadhan memiliki keutamaan tersendiri bagi negeri ini. Bulan Ramadhan identik dengan hari Kemerdekaan RI. Pada Agustus 1945 rupanya rakyat sedang menjalani bulan Ramadhan.

Bung Karno

Bahkan jauh sebelum diculik para pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok, Bung Karno sudah memikirkan tentang hari Kemerdekaan RI. Tanggal yang dia pikirkan adalah 17 Agustus. Pemilihan tanggal ini bukan karena semata-mata waktunya tepat, tapi memiliki arti penting terutama karena Al-Qur'an diturunkan pada tanggal itu. 
  
Maka, sebelum membacakan proklamasi pada tanggal tersebut, Bung Karno meminta saran dari beberapa ulama yaitu K.H Abdoel Moekti dari Muhammadiyah dan K.H Hasyim Asy’ari dari Nahdlatul Ulama.

Setelah Beliau mendapatkan kepastian dari ulama itu, Bung Karno dengan berketetapan hati memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Keutamaan Ramadhan

Oleh karena itu, Mengutamakan puasa patut menjadi perenungan bagi kita semua. Ini tidak semata-mata soal menjalankan ibadah, tapi lebih dari itu. Teks proklamasi ditulis pada sahur Ramadhan, kemudian dibacakan Bung Karno ketika sedang menjalani ibadah Shaum.

Keutamaan puasa ramadhan  menjadi sangat besar. Selain sebagai hukum yang wajib bagi umat Islam, juga karena momentum itu terkait dengan perjuangan rakyat dan bangsa ini untuk mencapai kemerdekaan. 

Sudah sepatutnya kita berbangga dengan bulan Ramadhan terutama merevitalisasi pemikiran-pemikiran Bung Karno untuk mengingatkan kita tentang arti perjuangan membawa negara kepada kemaslahatan umat.

Dengan demikian semoga kita semua dapat menjadikan bulan suci ramadhan kesempatan ini untuk terus berlomba-lomba menebar kebaikan dengan semangat nilai-nilai luhur para pendiri bangsa kita.

Merdekaa.. Merdekaa.. Merdekaalah Buat Selama-lamanya. [*]


Sulhamran
Kader GMNI Kabupaten Sumbawa


You may also like