Istimewa
Genial - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menegaskan bahwa PAN akan menjadi mitra yang kritis. Maka itu, PAN tidak akan berada di posisi oposisi maupun koalisi. 

"Kami tidak masuk koalisi dan tidak oposisi, Saya kan tidak dukung Pak Jokowi, Ya nggak mungkin kita bisa masuk ke sana biarkan saja kita seperti ini," ujarnya usai menutup Kongres V PAN yang di laksanakan di Hotel Claro, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2).

PAN ingin berkontribusi untuk memberikan masukuan dan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi bangsa ini.  Maka itu, PAN tidak mungkin mengambil jalan tengah. 

"Jadi kalau masuk tidak, tapi kalau oposisi juga tidak, Kita akan menjadi mitra yang kritis bisa memberikan solusi atas permasalahan bangsa," tegasnya. 

Zulhas mengatakan biarkan tagline koalisi diambil PKS. PAN tidak akan mengambil jalan tersebut, karena ini sebuah kerugian bagi PAN sendiri.  "Kalau oposisi itu sudah diambil "tagline"-nya oleh Partai Keadilan Sejahtera. Kalau kita ikut masuk ke situ akan sangat merugikan kita saya yakin itu," tegasnya.

Menurutnya PAN harus memiliki banyak teman. Maka itu PAN akan senantiasa membangun komunikasi dengan partai-partai lain.

Dia mencontohkan misalnya  di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, dan pemilihan presiden (pilpres) tidak mungkin PAN bisa maju sendiri. "Karena itu kami harus menentukan 'positioning' dengan siapa kita mesti berteman paling tidak kita tidak bermusuhan dengan banyak orang.," tegasnya. (Mir) 

You may also like