Istimewa
Genial -  Dinamika yang terjadi di internal Partai Amanat Nasional (PAN) menjelang kongres merupakan hal yang wajar terjadi. Dan ini merupakan bagian dari demokrasi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, Minggu (12/1). 

"PAN di dalam peraturan organisasi atau partainya itu ingin membuat peraturan sesuai prinsip demokrasi dan undang-undang. Tapi karena Problem internal yang membuat PAN ramai seperti itu menurut saya merupakan bagian dari demokrasi," jelasnya. 

Viva mengatakan meskipun terjadi dinamika di internal, pelaksanaan Kongres akan tetap dilaksanakan pada Februari 2020. Tapi, untuk masalah lokasi kongres belum mendapat kesepatakan bersama. 

Secara tegas, dia mengatakan dalam Kongres nanti yang salah satu agendanya memilih ketua umum PAN akan tetap  dijalankan secara demokratis.  "Prinsip semacam itu sudah menjadi wacana internal. Kalau ada yang ramai di pemberitaan itu adalah bagian dinamika. Karena PAN merupakan lembaga publik yang menjadi milik publik, karena menerima subsidi dari negara," tegasnya. 

Seperti diketahui, sempat terjadi gejolak Rapat Kerja Nasional PAN beberapa pekan lalu. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) oleh sebagian pihak dinilai belum tuntas belum menghasilkan keputusan bulat soal kepanitiaan hingga teknis kongres. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahkan disebut 'membawa kabur' palu rapat.  (Mir) 

You may also like