Genial - Piala Eropa 2020  resmi ditunda hingga tahun 2021. UEFA mengatakan kompetisi sepak bola terbesar ini tak ingin dipaksakan ditengah wabah corona yang sedang melanda.

Penundaan ini sudah diprediksi sejak awal. Sebab, sebagian besar liga dan kompetisi di Eropa sudah dihentikan untuk sementara waktu, imbas dari penyebaran virus corona yang masif di benua tersebut.

Negara-negara di Eropa telah melakukan berbagai upaya untuk meredam dampak virus corona seperti lockdown yang dilakukan Italia. Meski begitu, tak diketahui sampai kapan pertandingan sepakbola bisa digelar kembali secara normal.

Hal ini juga menjadi pertimbangan UEFA. Mereka khawatir, nantinya Piala Eropa harus dilangsungkan tanpa penonton karena wabah virus corona belum bisa diatasi.

"Sepakbola adalah sebuah semangat dan juga kekuatan luar biasa yang ada dalam diri masyarakat," ujar Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dikutip situs resmi asosiasi tersebut.

"Merayakan festival sepakbola di Eropa di dalam stadion yang kosong, fan zone yang sepi, sedangkan para suporter duduk menonton di rumah dan mengisolasi diri, tak akan memberikan kebahagiaan."

"Hal itu tak dapat kami terima, apalagi turnamen kali ini akan merayakan ulang tahun Piala Eropa yang ke-60," sambung pria asal Slovenia tersebut. (Mil)


 

You may also like