dreamstime/net
GenialTraveling entah ke tempat baru atau mengulang kunjungan, dapat memberikan pengalaman tidak terlupakan. Sesekali mungkin Anda ingin pergi sendiri, tapi di waktu lain, pergi bersama keluarga pun menarik untuk dilakukan.

Selain dapat mengistirahatkan diri dari rutinitas yang melelahkan, wisata bersama keluarga jadi upaya memeratkan hubungan. Niat ini jangan sampai terhalang hanya karena anggapan repot bepergian membawa anak.

Dengan persiapan yang tepat, liburan bersama anak bisa meninggalkan memori tersendiri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet tips traveling bareng anak.

1. Bawa Barang Seperlunya

Pilah barang secara bijaksana, jangan memuat barang yang tidak diperlukan. Triknya, Anda bisa memperkirakan dan menyesuaikan barang bawaan dengan lama waktu berlibur dan agenda apa saja yang dilakukan selama itu. 

2. Bawa Camilan Lebih Banyak

Dalam masa pertumbuhan, anak perlu asupan gizi yang cukup. Karenanya, saat traveling Anda perlu mempersiapkan camilan, di mana bisa berupa buah, biskuit, atau sayuran seperti labu, wortel, dan kentang.

Dengan membawa camilan dari rumah, Anda pun dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, camilan yang dibawa kebersihannya lebih terjamin.

3. Pilih Tas yang Nyaman

Ilustrasi Travel

Ilustrasi travel (dok. Pixabay.com)

Punggung yang terasa sakit dan pegal saat traveling sangat mungkin disebabkan tas dengan kualitas kurang baik. Menghindari hal itu, sebaiknya Anda membawa tas berbahan ringan dan kuat. Selain itu, ukuran ransel perlu disesuaikan dengan tubuh Anda.

Terlebih, saat membawa anak, di beberapa momen, Anda mungkin menggendongnya. Jadi, jangan sampai tas kurang nyaman malah menambah bobot yang harus dibawa. 

4. Santai

Berlibur jadi kesempatan untuk mengistirahatkan diri. Jadi, jangan terburu-buru dalam melakukannya. Apalagi, perjalanan ini jadi kesempatan bagi anak untuk melihat lingkungan baru. Kuncinya adalah membuat agenda seringan mungkin.

Tak apa hanya menjelajah sedikit tempat, tapi liburan Anda dan si kecil punya makna lebih dalam bagi kalian. Jangan sampai ego mengunjungi sebanyak mungkin tepat malah akhirnya menghancurkan mood.

5. Bawa Barang yang Dibutuhkan Bayi

Keperluan bayi sering kali lebih banyak daripada orang tua, mulai dari pakaian hingga peralatan lain, seperti botol susu dan popok. Karenanya, pilih produk yang praktis dan dalam ukuran tak memuat sangat banyak ruang.

6.  Bawa Obat-obatan

Saat berlibur, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di perjalanan. Untuk itu, membawa obat-obatan jadi hal penting untuk diperhatikan. Apalagi, bila Anda membawa si kecil, obat turun panas dan flu sudah seharusnya ada dalam tas traveling.

Obat yang dibawa tidak harus dalam jumlah banyak, Anda bisa memperkirakan sesuai waktu berlibur. Dengan membawa obat, akan memudahkan Anda jika terjadi hal-hal tidak diinginkan saat dalam perjalanan. (Mil)

You may also like