Genial - Sobat Genial, Jika melakukan traveling ke luar negeri secara mandiri, maka segala dokumen yang dibutuhkan juga harus diurus sendiri. Berbeda jika melalui agen travel yang mengarahkan kita segala kebutuhan dokumen.

Kelengkapan dokumen travel harus disiapkan sebelum memulai perjalanan. Berikut adalah lima tips untuk memenuhi dokumen syarat untuk traveling ke luar negeri.

1. Periksa kondisi paspor

5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

pexels.com/Porapak Apichodilok

Paspor harus valid sekurang-kurangnya enam bulan sebelum masa berlakunya habis dan harus punya dua halaman kosong untuk ditempel visa. Paspor harus dalam kondisi bagus, tidak dalam kondisi lecek, sobek, atau halamannya rusak.

2. Konfirmasi jika perlu visa

5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

pexels.com/Ekrulila

Kamu harus memastikan traveling ke luar negeri yang kamu rencanakan harus melalui pengajuan visa atau tidak. Periksa di situs resmi Kedutaan Besar atau Konsulat Jenderal negara tujuan. Apakah membutuhkan visa sebelum keberangkatan, pengurusan visa saat kedatangan, atau bahkan bebas visa?

3. Ajukan visa sedini mungkin

5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

pexels.com/Omar Markhieh

Biasanya pemprosesan visa membutuhkan waktu beberapa minggu. Pastikan kamu mendaftar sedini mungkin, supaya visa telah keluar sebelum tanggal keberangkatan kamu. Selain itu, pengajuan visa dikenakan biaya, dan harus dilunasi sewaktu menyerahkan formulir pengajuan.

4. Gunakan bantuan profesional

5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

pexels.com/Startup Stock Photos

Bekerjalah dengan pelayanan jasa profesional untuk memperoleh paspor dan visa agar prosesnya cepat dan tidak ada kesalahan. Dokumen yang diminta untuk pengajuan visa harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Untungnya, beberapa konsulat menyediakan jasa penerjemah, tetapi itu harus dilakukan sebelum menyerahkan formulir pengajuan visa. 

5. Simpan salinan dokumen

5 Tips Persiapan Dokumen untuk Traveling ke Luar Negeri

pexels.com/Ekrulila

Buat scan atau salinan paspor dan visa yang dibutuhkan selama traveling. Bawa satu set salinan bersamamu dan satu set lagi kamu simpan di rumah bersama orang yang kamu percaya.

Jika paspor milikmu hilang atau dicuri selama traveling, salinan-salinan yang kamu buat itu akan membantumu dalam proses mendapat paspor baru.

Itulah lima tips untuk menyiapkan dokumen traveling ke luar negeri. Bisa kamu coba agar travelingmu nyaman dan menyenangkan. (Mil)

You may also like