(Qerja/net)
Genial - Sobat Genial, Di momen hari raya Natal dan tahun baru sebagian besar orang mungkin menghabiskan waktunya dengan berlibur bersama keluarga dan kerabat. Tapi tidak menutup kemungkinan ada mereka yang merasa tidak bisa benar-benar bebas dari stres pekerjaan.

Bagaimana caranya agar liburan bisa bebas dari stres dan menyenangkan? Berikut kami rangkum tipsnya khusus Sobat Genial yang dikutip dari Health:
 

1. Cari tempat liburan cerah

Paparan langsung sinar matahari pada kulit terbukti dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin. Menurut psikiater Judith Orloff dari University of California dampaknya seseorang jadi lebih mudah merasa bahagia, terhindar dari perasaan sendu.

2. Manjakan diri

Bila sehari-hari kita terbiasa memenuhi keinginan orang lain, jadikan momen liburan untuk memanjakan diri. Psikolog George Pratt dari Scripps Memorial Hospital La Jolla menyarankan belajar bilang 'tidak' pada pekerjaan saat liburan.

"Manjakan diri kamu, katakan tidak minimal sekali," kata George.

3. Jauhkan ponsel

Momen liburan hanya sebentar oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya. Jauhkan sumber kekhawatiran seperti urusan pekerjaan atau debat media sosial dengan cara menjauh dari perangkat elektronik.

4. Tak perlu jadwal liburan padat

Jangan buat diri lebih stres dengan merencanakan jadwal liburan yang padat. Tujuan utama liburan adalah untuk bersantai oleh karena itu tak perlu terburu-buru.

5. Jangan lupa olahraga

Manfaatkan waktu senggang saat liburan untuk berolahraga. Tidak usah olahraga berat, cukup jalan kaki sambil menikmati pemandangan.

Menurut peneliti olahraga dapat membantu memperbaiki suasanya hati sampai 12 jam. (Mil)

You may also like