Ilustrasi/Net
GENIAL.ID.  Teman-teman mungkin pernah menonton film The Story of Katyn

Film ini merupakan film Polandia tentang pembantaian Katyn. Film ini disutradarai pemenang Penghargaan Kehormatan Akademi Andrzej Wajda dan berdasarkan pada buku Post Mortem: The Story of Katyn karya Andrzej Mularczyk. 

Pemeran film ini adalah Maja Ostaszewska, Danuta Stenka, Artur Żmijewski dan Paweł Małaszyński. Dirilis pada 17 September 2007, film berdurasi 115 menit menggunakan bahasa Polandia, Jerman dan Rusia. Film ini seru sebab orang-orang Polandia brerada di tengah dua bencana: kekejaman Nazi Jerman dan Komunis Soviet. Maju kena, mundur kena.

Oh ya, Pembantaian Hutan Katyn sendiri merupakan pembunuhan massal yang dilakukan terhadap bangsa Polandia oleh polisi rahasia Soviet, NKVD pada tahun 1940. NKVD ini berasal dari bahasa Rusia Narodnyy Komissariat Vnutrennikh Del: NKVD, yang berada di bawah naungan Partai Komunis Se-Uni Soviet (Bolshevik) di masa kepemimpinan Josef Stalin.

Nah sebelum terjadi persitiwa Pembantaian Hutan Katyn, pada September 1939, Uni Soviet menginvasi Polandia untuk bersaing dengan Jerman yang lebih dahulu menginvasinya. Jerman dan Uni Soviet menguasai beberapa wilayah Polandia hingga akhir Perang Dunia II. [pmu]

You may also like