Griplock Grip di stang motor agar terhindar dari maling motor (net)
Genial - Sobat Genial, Setiap pemilik sepeda motor hendaknya tahu tips agar motor aman dari maling. Tak bisa dipungkiri, siapa saja pasti tak mau mengalami kemalingan sehingga tips menghindarinya perlu dipahami sebagai bentuk antisipasi.

Jangan sampai Sobat Genial lalai untuk mengamankan motor sehingga memberi peluang pada maling untuk merampasnya.

Tips Agar Motor Aman dari Maling

Agar motor aman dari pencurian, Sobat Genial bisa menambahkan beberapa perangkat. Apa saja perangkat tambahan tersebut? Anda bisa ketahui dengan menyimak ulasan berikut.

1. Alarm

Salah satu perangkat tambahan yang bisa anda manfaatkan untuk menghindari aksi maling yaitu alarm. Tips yang satu ini terbukti sangat membantu.

Anda bisa menambahkan alarm di bagian motor yang aman dan tersembunyi. Pastikan letak alarm ini tak diketahui oleh siapapun.

Perihal cara kerjanya, ketika maling berusaha untuk mencuri motor anda, maka alarm akan mendeteksinya dengan mengeluarkan bunyi.

Bunyi alarm bisa membuat maling resah. Selain itu, bunyi alarm juga bisa mengundang perhatian orang lain akan keberadaan maling yang hendak mencuri motor anda.

Nantinya anda juga bisa langsung menuju ke tempat motor anda sesaat setelah mendengar bunyi alarm sehingga motor tetap aman.

Dalam meletakkan alarm, pastikan anda menaruhnya di tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari dan air hujan. Dengan begitu, alarm tetap bisa berfungsi dengan baik dalam waktu lama.

2. Griplock Grip

Selain alarm, tips agar motor aman dari maling lainnya yaitu menggunakan perangkat griplock grip. Bentuk perangkat yang satu ini mirip dengan gembok kecil.

Dalam pengaplikasiannya, griplock grip bisa diletakkan di rem, gas, tuas kopling, rantai, atau di cakram motor. Meski ukurannya kecil, namun anda jangan sepelekan manfaat yang diberikannya.

Dijamin maling tak akan berhasil merampas motor kesayangan anda. Untuk mendapatkannya pun, anda tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Harga griplock grip hanya berkisar Rp. 80 ribuan saja.

3. U-Lock / D-Lock

Motor anda juga bisa aman dari maling apabila memanfaatkan U-Lock atau D-Lock. Sesuai dengan namanya, gembok yang umumnya berukuran besar ini berbentuk seperti huruf U atau D.

Tips agar motor aman dari maling ini bisa diaplikasikan pada velg dan cakram. Dengan begitu, keduanya tak akan bisa berputar.

Dalam menggunakan nantinya, anda akan dihadapkan dengan dua metode penguncian, yakni pakai kunci dan kode kombinasi.

Dari dua metode penguncian tersebut, pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pilih metode yang menurut anda praktis.

4. Baut dan Mur

Tips lainnya yang bisa anda lakukan agar motor terhindar dari pencurian yaitu menambahkan baut dan mur. Perangkat ini bisa anda letakkan di piringan cakram.

Hanya saja, pastikan ukuran baut dan mur sesuai dengan ukuran lubang piringan cakram. Setelah anda memasangnya, maka ban motor tak akan bisa berputar.

5. Disc Lock

Tips agar motor aman dari maling selanjutnya yaitu menggunakan disc lock. Dijamin aksi maling akan gagal karena penggunaan perangkat tambahan ini.

Dalam mengaplikasikannya, disc lock dipasang di lubang ventilasi cakram. Anda bisa memasangnya di bagian depan ataupun belakangnya.

Dengan memasang disc lock, maka cakram motor bisa terkunci dengan baik. Motor pun tak akan berpindah tempat tanpa sepengetahuan anda.

Perlu untuk anda ketahui, disc lock ini sendiri tersedia dalam beragam ukuran dan merk. Maka dari itu, pastikan anda memilih disc lock yang sesuai.

Dalam ketersediaannya, ada juga disc lock yang sudah dibekali dengan fitur alarm. Dimana alarm akan berbunyi saat dibongkar paksa. Hal ini tentu saja semakin menguntungkan anda.

6. Kunci Rahasia

Motor juga bisa aman dari maling apabila memanfaatkan kunci rahasia. Letak kunci rahasia ini hanya diketahui oleh pemilik motor saja.

Dikarenakan tak ada orang lain yang tahu letak kunci rahasia, maka motor anda tak akan bisa dinyalakan oleh sembarangan orang tanpa seizin anda.

Beberapa tips agar motor aman dari maling di atas perlu anda perhatikan dan jadi pertimbangan. Penggunaan perangkat tambahan ini bisa menghindarkan anda dari kerugian yang besar.  (Mil)

You may also like