Istimewa
Genial -  Dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat harus digunakan untuk pembangunan desa dan kesejahteraan rakyat. Dana desa bukan untuk pejabat desa atau untuk kepala desa.

Hal ini disampaikan anggota DPD RI Jawa Barat, H. Asep Hidayat saat menghadiri workshop Implementasi sistem tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes versi 2.0 pada Pemerintah Kabupaten Karawang, Selasa (29/10).

Workshop ini digelar berkat kerjasama antara Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKB) Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Karawang. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kepala desa sekabupaten Karawang. 

Dalam penyampaiannya senator yang baru sebulan lalu dilantik ini mengajak seluruh kepala desa agar benar-benar memahami penggunaan aplikasi Siskeudes. “Kepala Desa harus memahami betul penggunaan aplikasi Siskeudes. Aplikasi Siskeudes menjaga akuntabilitas, efektifitas tata kelola dana desa yang telah diberikan pemerintah pusat ke tiap-tiap desa seluruh Indonesia,” ujarnya. 

Menurutnya, dana desa harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat, karena dana desa dari rakyat oleh rakyat. Dana desa bukan untuk kepala desa tapi untuk pembangunan dan kemajuan desa.

Senator yang akrap disapa Kang Asep ini dengan tegas mengingat kembali kepada aparatur desa yang hadir dalam acara tersebut untuk menjaga akuntabiltas penggunaan keuangan desa. Menurutnya dengan memahami aplikasi Siskeudes ini akan menjaga akuntabilitas keuangan desa. 

"Dengan memahami aplikasi Siskeudes akan terjaga akuntabilitas keuangan desa.  Karena apabila terjadi kesalahan akan berhubungan dengan hukum," demikian Kang Asep. 

You may also like