Istimewa
GENIAL.ID, Jakarta -  Pemerintah telah mengeluarkan wacana untuk penerapan normal baru. Berbagai sektor akan mendapatkan kelonggaran untuk menyambut penerapan normal baru tersebut. 

Untuk sektor pendidikan apakah akan segera dibuka untuk menyambut penerapan normal baru?.  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendi pada acara silaturrahim Idul Fitri 1441 H virtual yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta, Sabtu (30/5) mengatakan bahwa pendidikan merupakan sektor terakhir yang akan dibuka.

"Wabah pandemi Covid-19 telah melumpuhkan semua sektor. Tidak hanya sektor ekonomi, sektor pendidikan juga merasakan benar dampak dari Covid-19. Namun untuk menghitung kerugian pada sektor ekonomi dari dampak pandemi ini tidak begitu sulit. Sedangkan untuk  menghitung kerugian pada sektor pendidikan tidaklah mudah," ujarnya. 

Di era kecanggihan teknologi memang mudah dan terbuka dalam melakukan motode pembelajaran. Sehingga banyak hal baru yang bisa dilakukan dalam proses proses belajar.  "Tetapi karena semua tersebut adalah hal yang baru,  maka di semua negara di dunia  belum  mengatakan metode baru tersebut dianggap berhasil," imbuhnya. 

Sementara itu Pro.f Dr. Agus Sartono  staff Ahli Divisi V Kemenko PMK RI, menguatkan arahan yang disampaikan oleh Muhadjir.  Dia menjelaskan bahwa skenario paling moderat, sekolah, madrasah dan pondok pesantren akan dibuka kembali, paling cepat itu akhir Agustus atau awal September 2020. Tentunya ini dengan syarat sudah ada angka penurunan penularan wabah Covid -19.

"Yang pasti menuju angka Nol," ujarnya.  

Lebih lanjut dia menjelaskan belajar dari negara Prancis dan Korea Selatan, dalam waktu satu minggu sekolah dibuka, sekolah langsung menjadi cluster baru penyebaran Covid- 19. Maka itu, pemerintah akan berhati-hati dalam memutuskan kapan sekolah dibuka kembali.  

"Pemerintah tidak akan tergesa gesa untuk mengambil kebijakan membuka sekolah kembali walaupun ada kebijakan relaksasi/ pelonggaran PSBB," ujarnya. 

Maka itu pihaknya telah menyampaikan  rekomendasi  kepada Presiden bahwa masa paling  aman sekolah, madrasah, pondok pesantren serta bidang pendidikan  secara umum dibuka kembali lagi dengan normal adalah akhir tahun. 

"Di bulan Desember 2020 sampai di awal tahun bulan Januari 2021," jelasnya. 

Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta, Gufron Amirullah menyatakan bahwa Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta sudah siap dengan skenario  ragam platform digital  dalam pembelajaran virtual dengan tetap  memperhatikan pendidikan karakter di dalam proses tersebut. (Mir) 

You may also like