Istimewa
GENIAL.ID, Jakarta -  Dampak dari penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar total) sangat dirasakan oleh grup musik gambus Sabyan. Pasalnya, beberapa acara yang semestinya digelar terpaksa harus dibatalkan. 

"Berdampak banget, ada beberapa virtual event yang postponed," ujar manajer Sabyan, Rizal seperti dilansir ANTARA, Sabtu (12/9).

Rizal mengatakan grup yang terdiri dari Nissa (vokal), Ahmad "Ayus" Fairuz dan Kamal Juanda ini sebelumnya sudah mulai manggung, namun hanya untuk acara yang bersifat pribadi. "Tapi untuk event luar daerah sudah mulai berjalan, lebih ke event private," katanya.

Sabyan baru saja merilis lagu tunggal berjudul "Teman Sejati" bersama penyanyi dangdut Tasya Rosmala. Lagu tersebut menawarkan musik yang berbeda dari Sabyan sebelumnya yakni, qasidah dangdut.

Dengan diberlakukannya kembali PSBB total, rencana kegiatan promosi pun kemungkinan akan berubah, dari yang awalnya bisa berkunjung ke suatu tempat akan diganti secara virtual. "Kemungkinan besar akan berpromosi secara digital. Dan untuk ngisi waktu kita akan recording atau membuat karya-karya terbaru, karena PSBB tidak terlalu mengganggu itu karena Sabyan punya studio sendiri," kata Rizal.

Juga mengatakan selama masa pandemi, Sabyan selalu berkomunikasi baik melalui telefon ataupun video meeting. Berbagai rencana kedepan dari para pelantun "Ya Maulana" ini pun selalu rutin dibahas. "Biasa kita ngobrol virtual via zoom atau yang lainnya untuk ngebahas tentang karya karya yang akan kita produksi," katanya. 

You may also like