Ronaldo Luis (net)
Genial - Ronaldo Luis Pemain legenda asal Brasil adalah salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Salah satu buktinya adalah keberhasilan Ronaldo meraih dua trofi Ballon dOr. Karena itu tak heran di sepanjang karier sepakbolanya, sejumlah klub top kuat Eropa pernah diperkuat Ronaldo.

Beberapa di antaranya adalah Barcelona, Inter Milan, Real Madrid dan AC Milan. Pada musim panas 1996, Ronaldo diboyong Barcelona dari klub Liga Belanda, PSV Eindhoven. Bersama Barcelona di sepanjang musim 1996-1997, penyerang lincah itu tampil luar biasa.

Dari 37 penampilan di Liga Spanyol 1996-1997, Ronaldo mengemas 34 gol dan keluar sebagai top skor kompetisi. Berkat performa impresif itu, di akhir musim 1996-1997 Ronaldo mendapatkan kontrak baru dari Barcelona, pertanda penyerang yang saat itu baru berusia 20 tahun mendapatkan kenaikan gaji.

Akan tetapi, lima hari setelah menandantangani kontrak, Ronaldo dihubungi manajemen Barcelona. Ia dipaksa pindah ke Inter Milan. Di saat yang bersamaan, Ronaldo mengaku betah dan ingin bertahan bersama Barcelona.

Hanya saja, guyuran uang yang dilontarkan Inter membuat manajemen Barcelona tidak mau mendengarkan saran Ronaldo. Alhasil, Ronaldo saat itu menjadi pemain termahal di dunia setelah diboyong Inter seharga 28 juta euro (Rp417,5 miliar).

“Lima hari setelah menandatangani kontrak, mereka (Barcelona) menelefon saya dan mengatakan saya tak bisa melanjutkan karier bersama mereka. Saat itu saya ingin bertahan. Hanya saja keputusan tidak ada di tangan saya. Saya sangat ingin bertahan saat itu,” kata Ronaldo mengutip dari Daily Mail, Rabu (12/2/2020). (Mil)

You may also like