(Net).
Genial - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) bakal digratiskan selama satu bulan ke depan. Sebelumnya, Jokowi meresmikan ruas tol bagian Jalan Tol Trans Sumatera itu pada hari ini, Jumat (15/11).

"Besok pagi sudah dioperasikan, dicoba dulu sebulan digratiskan," kata Jokowi di Gerbang Tol Simpang Pematang, Lampung seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/11).

Ia mengaku mendengar rencana penggratisan layanan ruas tol langsung dari Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo.

Ruas tol Terpeka membentang sepanjang 189,2 kilometer (km). Ruas ini menyambungkan akses dari Lampung menuju Sumatera Selatan.

Pembangunannya terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 km dan Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 km.


Pada akhir tahun ini, pemerintah menargetkan Tol Terpeka tersambung hingga Palembang. Imbasnya, jarak Bakauheni-Palembang sepanjang 365 km bisa ditempuh dalam tempo 4-6 jam dari sebelumnya 10-12 jam.

"Nanti kalau Desember tambah lagi ada Kayu Agung-Palembang, Manado Bitung, Balikpapan-Samarinda. Insya Allah target yang saya sampaikan 1.800 kilometer tercapai," ujarnya.

Ke depan, pembangunan jalan tol Trans Sumatera akan diteruskan hingga Provinsi Aceh. Saat ini pembebasan lahan di Aceh progresnya baru 52 persen.

Jokowi menargetkan Jalan Tol Trans Sumatera secara keseluruhan tersambung pada 2024. Jika terealisasi, ia berharap jaringan logistik akan semakin baik sehingga daya saing Indonesia akan meningkat. (Mil)

You may also like