Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Gorontalo, Hi. Alifuddin Djamal, SE
GENIAL.ID, Gorontalo - Peringatan hari lahir Pancasila jatuh pada hari ini, Senin (01/06/2020). Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Gorontalo, Hi. Alifuddin Djamal, SE mengungkapkan tentang momen untuk merefleksikan diri pada hari lahir Pancasila ini. 

"Hari lahir Pancasila seharusnya menjadi momen untuk merefleksikan diri, sudah berapa besar perjuangan kita untuk tanah air. Sejarah mencatat Pancasila lahir tak luput dari sebuah perdebatan panjang, namun pemikiran nasionalisme para pendahulu kita berhasil menghasilkan pedoman ideologi negara dalam sebuah kehidupan masyarakat yang beragam," ungkapnya. 

Menurut Alifuddin, Sebagaimana kita ketahui bersama Perjuangan Bung Karno dalam menyatukan konsep gotong royong yang bisa dijadikan intisari dari nilai-nilai pancasila yang memiliki karakter dalam kehidupan sosial berbangsa. 

Pesan Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945 tentang Pancasila, Kita mendirikan negara, semua buat semua, satu buat semua, semua buat satu. 

"Ini pesan bahwa negara musti All out untuk menghadirkan dukungan terbaik bagi keselamatan semua warga nergara yaitu Indonesia," tambahnya.

Alifuddin berharap hari lahir Pancasila dapat dijadikan sebuah momentum bangkitnya kembali semangat gotong royong di tengah pandemi Covid-19 dan kembali kerumah besar ideologi yaitu Pancasila. 

"Semoga dengan semangat Pancasila dan gotong royong, bangsa Indonesia khususnya di provinsi dan kota Gorontalo akan segera keluar dari bencana yang saat ini kita hadapi," pungkasnya. (Mil)

You may also like