istimewa
GENIAL.ID, Bandarlampung - Libur hari kedua awal tahun 2021 sejumlah objek wisata bahari di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung ramai kunjungan wisatawan yang ingin berlibur, baik dari luar daerah maupun wisatawan lokal.

Aat, salah satu pemilik perahu penyeberangan, di Desa Ketapang, Kecamatan Teluk Pandan, Sabtu, mengungkapkan bahwa wisatawan sudah mulai berdatangan sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

"Rata-rata yang datang ke sini kebanyakan orang dari Palembang, meskipun ada juga yang dari Jakarta dan Bandarlampung," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, para wisatawan tersebut datang ke sini untuk menuju ke Pulau Pahawang, Mahitam, dan Tegal Mas.

"Tapi, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya masih jauh berkurang jumlah wisatawan yang datang," kata dia lagi.

Ia juga mengatakan bahwa ramainya kunjungan wisatawan pada H+2 ini, sebab pada Jumat (1/1) atau H+1 libur akhir tahun seluruh pantai di Pesawaran tidak boleh membuka usahanya.

"H+2 ini semua pantai di Pesawaran baru boleh buka Sesuai Surat Edaran Bupati Pesawaran, sehingga memang ramainya hari ini," kata dia.

Pemilik perahu penyeberangan lainnya, Rendy, mengatakan hal serupa.

"Bahkan perahu yang terparkir di Dermaga I Ketapang sudah habis terpakai oleh wisatawan untuk menyeberang ke pulau-pulau, seperti Pahawang dan lainnya," kata dia pula.

Ia mengatakan, guna menyesuaikan protokol kesehatan dalam dunia pariwisata, pihak pemilik kapal penyeberangan memberikan jarak untuk penumpang yang ingin menyeberang ke pulau-pulau sekitarnya.

"Biasanya satu kapal kami dapat memuat dari 12 sampai 15 orang, tapi untuk menyesuaikan protokol kesehatan sekarang hanya memuat 10 orang saja," kata dia.

Dia pun berharap pandemi COVID-19 ini cepat berakhir, agar setiap libur hari raya atau libur panjang banyak wisatawan yang datang ke sini lagi, sehingga pendapatan masyarakat sekitar pun dapat terbantu.

Berdasarkan pantauan di lokasi sejumlah pantai yang berada di Kabupaten Pesawaran dari Dermaga I Ketapang, Pantai Klara, Bensam, dan Mutun, ramai dimasuki oleh kendaraan roda dua maupun empat dari berbagai daerah, baik lokal maupun luar daerah.

You may also like