Buah Lemon
Genial -  Sahabat Genial  tau tidak? di balik rasa asam yang cukup kuat, buah lemon memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan kulit. Maka itu,  ekstrak buah yang satu ini sering disuntikan  pada produk-produk perawatan kulit atau skincare.

Di samping lewat skincare,  Anda juga bisa memperoleh manfaat buah lemon lewat konsumsi atau penggunaan langsung (topikal).

Penasaran apa saja manfaat  buah lemon terhadap kesehatan kulit? simak penjelasan di bawah ini: 

1. Membersihkan  komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah. Jika ada komedo di wajah kita bisa jadi tidak merasa percaya diri.

Sekarang ada solusinya. Jika kita memiliki komedo yang membandel dan susah dibersihkan coba dibersihkan dengan buah lemon.  Mengapa buah lemon bisa membersihkan komedo di wajah, sebab lemon mengandung asam sitrat atau bentuk alami dari AHA.

cara membersihkan komedo dengan lemon adalah dengan mengusapkan potongan lemon di bagian wajah yang sudah dibersihkan. Dan lebih fokus di daerah wajah yang berkomedo.  Biasanya komedo banyak terdapat pada area T wajah (dahi dan hidung). 

2. Antipenuaan

Penuan pada kulit wajah mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Maka itu, untuk melawan munculnya tanda-tanda penuaan buah lemon bisa membantu. Sebab lemon bermanfaat untuk membantu Anda melawan kemunculan tanda-tanda penuaan.

Kulit merupakan organ terbesar dan terluar tubuh. Setiap hari, kulit adalah tameng pertama paparan polusi, sinar matahari, debu serta kotoran. Ragam rupa radikal bebas seperti ini bisa merusak struktur kolagen juga menurunkan kemampuan pertahanan kulit. Kandungan vitamin pada lemon bermanfaat sebagai antioksidan dan melindungi kulit dari kerusakan aki bat radikal bebas.

"Vitamin C menstimulasi produksi kolagen dan membantu mengurangi tanda penuaan," kata dermatolog Debra Jaliman mengutip Insider.

Vitamin C bisa membantu memperbaiki tekstur kulit juga mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah. Anda bisa memperoleh manfaat seperti ini dengan minum air lemon setiap pagi atau mengaplikasikan irisan lemon pada wajah secara teratur.

3. Atasi jerawat

Jerawat menjadi masalah bersama bagi semua orang. Sebab jika wajah kita berjerawat maka kecantikan akan berkurang.

Orang yang berjerawat disebabkan karena memiliki minyak wajah yang berlebihan. Maka dibutuhkan sesuatu untuk mengontrol minyak di wajah. 

Namun tak perlu khawatir sebab buah lemon bisa digunakan untuk mengatasi persoalan ini sekaligus. Buah lemon mengandung bahan penyegar dan antibakteri sehingga bisa mengontrol kadar minyak, membunuh bakteri dan mengikis lapisan kulit mati.

4. Melembutkan bibir

Bibir kering dan pecah-pecah membuat tampilan Anda tidak maksimal. Manfaatkan buah lemon untuk menghaluskan dan mengikis kulit mati pada bibir. Melansir dari Women's Health Magazine, Anda bisa membuat ramuan untuk mengeksfoliasi bibir. Bahannya sederhana yakni sedikit perasan buah lemon dan brown sugar.

Perasan buah lemon akan berperan sebagai eksfoliator kimia dengan kandungan alpha hydroxy acid (AHA) sedangkan brown sugar berperan sebagai eksfoliator fisik. Dermatolog Gary Goldfaden mengingatkan jika bibir kering dan sudah terdapat luka, sebaiknya cara ini tidak dicoba.

5. Mencerahkan lipatan kulit

Area-area tertentu pada kulit memiliki warna lebih gelap semisal bagian siku atau dengkul. Kadang ini mendatangkan rasa kurang percaya diri terlebih saat mengenakan busana yang menampakkan dengkul atau siku. Anda bisa memanfaatkan buah lemon untuk mencerahkan area lipatan kulit. Cukup belah lemon dan aplikasikan langsung pada area yang Anda inginkan. (Mir) 

You may also like