Istimewa
Genial - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa kehadirian anggota dewan dalam rapat paripurna menjadi salah satu penilian masyarakat terhadap parlemen. Maka itu dia menghibau kepada seluruh anggota dewan selalu hadir dalam setiap agenda rapat paripurna. 

"Karena kehadiran di paripurna itu semua disorot media. Isu apa yang akan ditampilkan, apa yang dikerjakan," ujarnya ketika memberikan sambutan di Seminar Nasional Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Crown Plaza, Jakarta, Senin (24/2).

Politisi perempuan PDIP ini menceritakan pengalamannya saat para pimpinan DPR hadir lebih dulu dibanding anggota DPR lainnya. Dia menyebut pimpinan DPR memang diminta untuk datang lebih awal dalam setiap rapat. "Saya kemudian minta wakil-wakil saya untuk duduk duluan di depan, di kursi pimpinan, untuk menunjukkan bahwa kami siap memimpin paripurna," jelas dia.

Untuk memoles citra DPR kata Puan dibutuhkan peran semua pihak di parlemen. Dan dia bersyukur saat ini citra DPR mulai terlihat positif. Puan mengungkap survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) yang menyebut tingkat kepuasan publik terhadap DPR mencapai 50,5 persen.

"Tugas menjaga kepercayaan menjadi tugas semua anggota dewan," tegasnya. (Mir)

You may also like