Istimewa
Genial -  Pemerintah Indonesia telah mendatangkan sekitar 105 ribu alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan para tenaga medis untuk menghadapi pasien virus corona.  Dan APD tersbeut telah distribusikan ke seluruh rumah sakit di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi  usai meninjau persiapan RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3).

Presiden merinci, dari total 105 ribu APD tersebut, sekitar 45 ribu unit telah dikirimkan untuk digunakan tenaga medis di Jakarta, Bogor dan Banten, Sementara itu 40 ribu unit APD lainnya didistribusikan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Bali.

Untuk rumah sakit di luar pulau Jawa akan mendapatkan 10 ribu APB  dan 10 ribu APB lainnya untik cadangan.

Dia mengungkapkan untuk mendapatkan APB saat ini sangat sulit. Pasalnyanya karena kurang lebih 180 negara berebutan untuk mendapatkan kebutuhan yang sama.

Maka itu, dia meminta kepada masyarakat memaklumi mengenai kondisi sulitnya APD hingga perangkat lain pencegahan virus corona mulai dari masker hingga hand sanitizer.  "Alhamdulillah pada Sabtu kemarin pemerintah sudah terima dan disiapkan," ujar Jokowi.

Saat meresmikan RS Darurat Wisma Atlet tersebut, Jokowi berharap agar RS ini nantinya tak perlu digunakan. Artinya, Jokowi berharap RS yang telah disiapkan mampu menangani lonjakan pasien positif corona di waktu-waktu mendatang.

Mulai Senin (23/3), Wisma Atlet Kemayoran akan mulai beroperasi sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19. Selain sebagai RS Darurat, wisma yang memiliki 10 tower dengan total 7.426 unit ini juga akan menjadi rumah isolasi bagi pasien Covid-19. (Mir) 
 

You may also like