Presiden Bolivia Evo Morales (net)
Genial -   Evo Morales akhirnya melepaskan jabatannya sebagai Presiden Bolivia. Keputusan terberat ini dia ambil setelah melihat kondisi politik yang semakin tidak stabil.

Gelombang aksi unjuk rasa yang berlangsung ricuh selama tiga pekan, semakin memperkuat keputusan Evo Morales melepas jabatannya. Dia mengatakan pengunduran dirinya sebagai puncak kudeta.

Selain Morales, keputusan mengundurkan diri juga dilakukan oleh Wakil Presiden Alvaro Garcia Linera. "Saya mengirim surat pengunduran diri ke Majelis Legislatif Bolivia," kata pemimpin sosialis berusia 60 tahun itu dilansir dari Associated Press.

Dalam pidato pengunduran diri pada Minggu (10/11) seperti dikutip AFP, Morales meletakkan jabatan di tengah ketidakpastian politik usai pemilu dan penarikan dukungan dari militer dan kepolisian. "Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai presiden," ujarnya.

Keputusan Morales disambut gemberi oleh massa pengunjuk rasa. Ungkapan kegembiraan tersebut mereka luapkan dengan bersorak gembira sambil menyalakan petasan dan mengibarkan bendera kebangsaan.

Sekadar informasi sejak tahun 2006 Morales telah berkuasa. Pada Pilpres 20 Oktober lalu dia dinyatakan menang dengan selisih tipis.

Kemenangan yang diraih oleh Morales dinilai oleh pihak oposisi  merupakan hasil kecurangan dalam penghitungan suara. Maka itu kemenangan tersebut masih dipertanyakan.  Sejak itulah massa turun ke jalan untuk melakukan protes. Organisasi Negara-negara Amerika melakukan audit pemilihan dan mereka menyatakan menemukan penyimpangan dalam pemilu Bolivia. (Mir) 

You may also like