Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Tentang Obat dan Makanan yang Aman di Konsumsi, Desa Catur, Kecamatan Sambang, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (16/12).
Genial - Anggota Komisi IX DPR RI mengadakan Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Tentang Obat dan Makanan yang Aman di Konsumsi Bagi Masyarakat Boyolali.

Kegiatan ini di Laksanakan di Balai Desa Catur Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (16/12).

Sesuai dengan amanat UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perorangan secara merata di seluruh Indonesia.

Terkait hal tersebut, diperlukan suatu program yang konsisten dan berkesinambungan sehingga pangan yang aman, bermutu, dan bergizi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.
Hal inilah yang mendasari diadakannnya sosialisasi tentang obat dan makanan aman konsumsi bagi masyarakat.

"Kita mempunyai harapan besar agar semua lapisan masyarakat mengerti tentang obat dan makanan aman konsumsi," ucap Rahmad Handoyo. 

Kita akan terus bersama, bergandengan tangan dengan BPOM menyampaikan bahwa BPOM memiliki peranan besar melalui pembangunan SDM, salah satunya dengan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penjaminan produk obat yang aman, berkhasiat dan bermutu.

Badan POM juga berperan dalam aspek ekonomi terkait pemberantasan produk ilegal dan penguatan daya saing produk obat dan makanan nasional, serta aspek sosial terkait pemberantasan obat-obat tertentu yang berpotensi merusak kualitas generasi penerus bangsa. Di samping itu, Badan POM juga mendukung bisnis dan investasi di Indonesia melalui penyusunan regulasi yang dibutuhkan pelaku usaha, tanpa mengesampingkan perlindungan bagi masyarakat dari produk obat yang beredar.

Dalam kesempatan itu perwakilan BPOM juga menyampaikan tips bagaimana cara memilih obat dan makanan yang aman untuk di konsumsi seperti masyarakat diimbau untuk mencek izin edar, dan kadaluarsanya. 

Politikus PDI Perjuangan ini berharap agar masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini dapat memberitahu kepada kerabat dan tetangga tentang bagaimana cara memilih obat dan makanan-makanan yang aman konsumsi, "Semoga apa yang di dapatkan hari ini dapat di sampaikan ke masyarakat luas," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini masyarakat juga terlihat sangat antusias, kegiatan pun berjalan khidmat, pada sesi tanya jawab masyarakat mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pemateri. (Mil)

You may also like