Mahatma Gandhi (net)
Genial - Mahatma Gandhi dikenal sebagai pribadi yang super sederhana. Kehidupannya yang super simpel ternyata menginspirasi banyak orang, termasuk soal pola makan yang populer karena dianggap sehat.

Mahatma Gandhi adalah sosok yang dihormati masyarakat India. Politisi sekaligus pemimpin spiritual ini diketahui punya pola makan yang sehat. Mahatma Gandhi tewas dibunuh pada 1948 di India namun pola hidup dan makannya masih tetap eksis hingga saat ini. 

Dilansir dari Times of India (13/12) Mahatma Gandhi telah menulis banyak buku, salah satunya berisi ulasan tentang makanan dan diet. Beberapa pola makan yang dijalankan antara lain rutin berpuasa, menjadi vegetarian hingga mengurangi asupan gula. 

Berikut beberapa pola makan sehat ala Mahatma Gandhi yang kini diikuti oleh masyarakat modern. 

1. Rutin berpuasa

Semasa hidup, Mahatma Gandhi dikenal sering menjalani puasa. Puasa yang paling ekstrem yang pernah dilakukan adalah sepanjang 21 hari. Baginya, puasanya dan tidak menyantap makanan maupun minuman adalah kunci dari sehatnya tubuh. 

Baginya, puasa dianggap sebagai cara untuk mengistirahatkan organ pencernaan. Mahatma pernah mengatakan puasa sebagai salah satu metode paling ampuh untuk tetap sehat. 

2. Menjadi Vegetarian 

Mahatma Gandhi menjalani pola makan vegetarian sejak masih muda. Ia berjanji pada ibunya kalau ia tak akan menyentuh daging. Awalnya sulit bagi ia karena rekan sebayanya menyantap aneka daging dan sulitnya ketersediaan makanan vegan.

Sampai satu hari ia menemukan restoran vegetarian yang saat itu juga menjual buku. "Saya memperhatikan buku-buku yang dipajang di bawah jendela kaca dekat pintu. Saya melihat buku Salt's Plea for Vegetarianism. Saya membaca buku ini dari awal sampai akhir dan sangat terkesan. Dari hari awal saya membaca buku ini, saya dapat mengklaim telah memilih menjadi vegetarian," tulis Gandhi dalam buku Diet and Diet Reforms.

3. Mengurangi asupan gula

Dalam buku autobiografinya, Mahatma Gandhi mengatakan ia berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis. "Aku berhenti minum manis. Aku berhenti minum teh dan kopi lalu mengganti dengan kakao," kata Mahatma Gandhi. 

Ia mengaku menghentikan asupan gula dan mengganti dengan gula dari buah yang manisnya alami. Mahatma Gandhi juga rutin mengonsumsi madu. Ia menikmati segelas air hangat dengan tambahan madu. 

Banyak kabar beredar soal madu yang tak boleh dinikmati dengan air hangat namun ia menganggap minuman ini sebagai asupan yang sehat. Mahatma beberapa kali bertanya soal bahaya mencampur madu dengan air hangat namun ia tak pernah mendapat jawaban yang memuaskan. 

4. Menyantap makanan mentah 

Mahatma pernah menyantap makanan mentah selama berhari-hari. Ia mengatakan meskipun terkadang membuat badan lemas tapi ini menyehatkan dan bisa membersihkan tubuh. 

Ia rutin menyantap sayuran, kacang dan biji-bijian sebagai asupan. Biasanya untuk mengurangi efek lemas, ia menambahkan susu dan ghee dalam santapannya. Bukan hanya membuat tubuh jadi lebih sehat, Mahatma mengatakan ini juga bisa membersihkan otak dan membuat orang merasa tenang. 

Makanan yang tidak dimasak, menurutnya adalah makanan dalam bentuk paling murni yang membuatnya lebih sehat. Salad mentah, kecambah dan beberapa buah dan sayuran merupakan makanan yang enak dan juga cukup terjangkau.

5. Menghindari alkohol dan tembakau 

Mahatma Gandhi selalu menghindari alkohol dan tembakau. Menurutnya, dua barang ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan dalam tubuh.

Tembakau diklaim sebagai salah satu hal yang merusak paru-paru. Sementara alkohol bisa menjadi sumber dari berbagai penyakit. Ia mengatakan alkohol adalah awal dari serangan jantung, diabetes dan berbagai penyakit lainnya. 

Selain menjalami pola makan yang sehat, Mahatma juga rutin meditasi dan berdiam diri. Meditasi terkenal bisa menurunkan stress dan kecemasan. Meditasi juga bisa menurunkan tekanan darah. (Mil)

You may also like