Kepala BNPB Doni Monardo
Genial - Pemerintah saat ini sedang mengkaji pemberian pekerjaan baru bagi pegawai di kota besar yang di PHK imbas wabah virus Corona (COVID-19). Kepala BNPB Doni Monardo menyebutkan pemerintah berencana memberikan pekerjaan dalam bidang pertanian dan peternakan.

"Yang kehilangan pekerjaan di kota besar, yang tentunya mereka sulit untuk bertahan, mereka tinggal di tempat, rumah secara kesehatan kurang begitu bagus, kemudian juga physical distancing, tidak bisa dilakukan dengan maksimal," kata Doni dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI yang digelar secara virtual, Kamis (2/4/2020).

"Oleh karena itu, sedang dikaji kembali bagaimana kita mengatur warga kita yang kehilangan pekerjaan, daya beli berkurang, kegiatan tidak ada, ini yang mungkin jadi persoalan baru di kemudian hari," imbuhnya.

Doni menjelaskan, pemerintah berpikir untuk membantu mereka yang di-PHK pulang ke kampung halaman. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 itu menyebutkan, di kampung itulah si pekerja yang di-PHK diberi pekerjaan baru.

"Apakah ini akan tetap dibantu untuk kembali ke kampung halaman? Kami sedang merancang usulan agar kelompok seperti ini diberikan kegiatan baru, yaitu arahnya ke pertanian, perkebunan dan perikanan, termasuk membangun infrastruktur yang ada di desa-desa agar fasilitas infrastruktur terkait irigasi, jembatan lebih optimal," papar Doni.

Rencana tersebut, sebut Doni, diharapkan dapat menepis kekhawatiran yang menyebut Indonesia akan kekurangan pangan selepas wabah virus Corona usai.

"Sehingga ke depan ketika kita kekurangan pasokan makanan, maka desa-desa itu mengalami kelebihan, sehingga kekhawatiran WHO tentang kekurangan pangan tahun ini bisa kita atasi dengan warga kita yang pulang kampung yang beralih jadi petani dan peternak," jelasnya. (Mil)

You may also like