Ilustrasi
GENIAL.ID, Inggris - Pemerintah Inggris melalui Department of Health & Social Care mengundang masyarakat untuk ambil bagian dalam riset studi bagi pencegahan dan penanggulangan Covid-19, pada awal September ini.

Riset dan studi ini akan dilakukan oleh Imperial College London dan Ipsos MORI, selaku organisasi riset independen, di bawah koordinasi dan pengawasan penuh dari pemerintah Inggris.

Riset dan studi ini akan dimulai dengan pendaftaran online pada situs reactstudy.org, bagi para relawan yang berasal dari masyarakat Inggris, pemegang kartu akses pelayanan kesehatan yang terdaftar pada instansi General Practitioner disingkat GP (semacam puskesmas di Indonesia-red), yang tersebar di berbagai wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Para calon relawan diambil secara acak, atas penelusuran data yang dilakukan pada pasien yang terdaftar pada GP yang bernaung dibawah lembaga resmi pelayanan kesehatan Inggris, yaitu National Health Services.

Pemerintah Inggris telah mengirimkan surat undangan pada para calon relawan terpilih, secara serentak pada awal september ini. Pemerintah membuka pendaftaran secara online maupun melalui telepon, sesuai dengan tanggal yang tertera pada surat undangan tersebut.

Pemerintah akan mengirimkan satu paket alat uji mandiri ke rumah relawan yang bersedia dan telah mendaftarkan diri.  Pengambilan sampel mengikuti panduan yang disertakan dalam paket uji mandiri tersebut.  Metodenya sendiri diperkirakan mirip dengan tes mandiri yang biasa dilakukan oleh penderita diabetes dan kolesterol tinggi, yaitu dengan mengambil sampel darah dari ujung jari. Relawan dapat melihat hasilnya dalam 10-15 menit.

Dalam surat undangan disertakan pula pernyataan bahwa antibody test ini tidak akan akurat 100 persen. Melalui surat yang ditandatangani oleh Lord Bethell of Romford, sebagai Sekretaris Parlemen yang membawahi Department of Health and Social Care, bersama perwakilan Imperial College London, Professor the Lord Darzi dan Kelly Beaver dari Ipsos MORI, dikemukakan bahwa riset ini bermaksud untuk menolong pemerintah dalam memperkirakan berapa jumlah orang yang telah terinfeksi Covid-19.

Apapun hasil test yang akan dilaporkan relawan secara online ataupun melalui telepon itu, relawan dihimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah Inggris. [*]

 

*Oleh: Noah Rashif Rasyadan

Penulis adalah koresponden Genial.id dari Inggris. Aktivis pelajar dan partisipan Duke of Edinburgh (DoFe)

You may also like