Hasto Kristiyanto/Net
GENIAL.ID. PDI Perjuangan menggulirkan ide untuk mengubah sistem pemilihan legislatif pada revisi UU Pemilu. Ide yang dimaksud adalah dengan menggunakan sistem proporsional tertutup.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Kata Hasto, PDI Perjuangan sepakat bahwa untuk pemilihan presiden dan DPD RI bisa dipilih langsung. Namun untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, caleg terpilih ditentukan oleh partai.

"Sehingga, partai mencalonkan (legislatif) berdasarkan ideologisnya," kata Hasto, sambil mengatakan bahwa partainya memiliki kader-kader hebatĀ  yang karena menggunakan sistem proporsional terbuka, justru tidak terpilih.

Dengan pencoblosan terbuka, sambungnya, justru menimbulkan politik dengan biaya mahal. Sebab, tiap caleg berlomba dengan sumber dayanya meraih simpati masyarakat. Tak mengherankan, apabila dominasi pengusaha mewarnai wajah demokrasi saat ini.

"Kami punya orang hebat dalam hal legislasi, namun karena politik liberal, justru tak terpilih," katanya.

Padahal, setiap partai telah memiliki mekanisme dalam merekrut kader maupun calon legislatif. Termasuk PDI Perjuangan yang memiliki rekruitmen bersifat terbuka. Misalnya, berasal dari organisasi dengan ideologis yang tidak terlarang.

"Sistem proporsional tertutup kami terus dorong untuk memastikan sistem demokrasi kita lebih baik," katanya.

You may also like