Saudi Aramco (Reuters/net).
Genial - Saudi Aramco, perusahaan minyak raksasa asal Arab saudi, menyatakan akan melepas 1,5 persen sahamnya dalam aksi penawaran saham perdana (IPO) pada Minggu (17/11).

Keterangan resmi perusahaan, seperti dilansir AFP, mengungkap IPO Saudi Aramco diperkirakan bernilai US$24 miliar dari total valuasi sekitar US$1,71 triliun. Saham diperdagangkan di kisaran 30-32 riyal Saudi per saham.

"Penawaran dasar sebesar 1,5 persen dari saham perusahaan yang beredar," tulis juru bicara perusahaan.

Penawaran tersebut lebih rendah dari penilaian awal perusahaan, yakni US$2 triliun. Namun, sejauh ini masih tetap menyaingi listing terbesar di dunia dari raksasa ritel e-commerce, Alibaba.

Rencana IPO Saudi Aramco sempat tertunda bertahun-tahun. Perusahaan disebut-sebut hanya melepas 0,5 persen sahamnya ke investor individu di bursa saham Riyadh. Namun, perusahaan tidak merinci jumlah saham yang akan dilepas ke investor korporat.

Perusahaan riset investasi Bernstein memperkirakan valuasi perusahaan diperkirakan berkisar US$1,2 triliun hingga US$1,5 triliun.

Sebagai informasi, Aramco merupakan perusahaan paling menguntungkan di dunia. Perusahaan memasok 10 persen dari kebutuhan minyak global.

Tahun lalu, Aramco meraup laba bersih mencapai US$111,1 miliar. Selama periode Januari-September 2019, perusahaan telah meraup US$68,2 miliar atau merosot 18 persen dari periode yang sama tahun lalu. (Mil)

You may also like