Istimewa
GENIAL-  Waktu yang sudah berlalu tidak akan kembali. Maka itu, gunakan waktu yang masih kita miliki ini untuk hal-hal kebaikan dan menghadirkan manfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Terkadang, masih banyak orang yang tidak merasa sedih saat waktu yang mereka jalani berlalu sia-sia. Mereka lebih merasa sedih saat kehilangan harta. Padahal yang paling berharga dalam hidup ini adalah waktu dan umur.

Sebagai orang yang beriman, waktu yang kita miliki ini seharusnya digunakan untuk mencari keridhoaan Allah. Maka itu, segala aktivitas yang mereka jalani akan berorientasi pada kehidupan akherat. Mereka bekerja untuk Allah, menuntut Ilmu untuk Allah dst.

Umur manusia sangat singat. Jika tidak digunakan sebaik-baiknya maka kita akan menjadi manusia yang merugi. Pasalnya baik dan buruk pemanfaatan umur tersebut akan menentukan kehidupan kita selanjutnya, dalam masa penantian panjang di alam barzakh dan kehidupan yang kekal di akherat kelak.

Umur kita adalah kesempatan untuk beramal di dunia, sebab di akherat yang ada hanyalah hisab atau perhitungan. Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW menyampaikan pesan yang sangat agung bagi kita. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, nabi bersabda

“Pergunakanlah yang lima sebelum datangnya yang lima: (1) masa mudamu sebelum datang masa tua , (2) masa sehatmu sebelum datang masa sakit, (3) masa kayamu sebelum datang miskin, (4) masa luangmu sebelum datang masa sibuk, dan (5) masa hidupmu sebelum datang masa kematian. ”   

Wasiat Nabi Muhammad sangatlah penting dan harus menjadi perhatian kita. Gunakan waktu dan umur mu sebaik-baiknya. Marilah kita terus berupaya untuk terus memperbaiki diri, sehingga saat kita dipanggil Allah SWT kita telah siap karena telah menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.  (Mir)

You may also like