(Net)
Genial - Musim hujan sudah mulai menyelimuti beberapa wilayah di Indonesia. Di sisi lain, ada beberapa hari libur di bulan ini hingga akhir tahun 2019 mendatang. Hari libur tentunya tak akan kamu lewatkan begitu saja kan, Sobat Genial? Intip tips liburan di musim hujan dibawah ini yuk, khusus buat kamu Sobat Genial para pecinta traveling.

Bagaimana mensiasati kegiatan traveling tanpa kendala hujan?

Para traveler, jika Anda sudah punya jadwal traveling di musim hujan ini, tak perlu panik atau mengurungkan niat liburan tersebut. Berikut ini ada tips buat mengantisipasi segala kendala traveling di musim hujan:

Persiapkan Fisik

Persiapkan fisik dengan baik sebelum bepergian. Jangan terlalu kelelahan sebelum traveling dilakukan. Hal ini penting karena musim hujan seringkali disertai situasi cuaca yang cenderung tidak menentu. Diperlukan fisik yang kuat dan fit untuk bisa menjelajah ke tempat-tempat wisata, apalagi di muslim hujan.

Ramalan cuaca

Tak ada salahnya memilih tanggal keberangkatan berdasarkan ramalan cuaca. Jika liburan selama 5 hari, setidaknya cari 2 atau 3 hari yang menurut ramalan cuaca muncul sinar mataharinya. Mungkin ada hujan, tapi tidak terlalu lebat dan tidak sepanjang hari. Soal ini bisa juga ditanyakan ke pihak hotel atau teman di destinasi liburan sehingga traveler bisa menyusun rencana liburan dengan detail.

Di setiap daerah bisa berbeda kondisi musim hujannya. Di beberapa daerah pesisir, tetap nyaman untuk bermain di pantai, malahan matahari terasa tidak terlalu menyengat. Hanya, tidak bisa santai di sore hari karena kadang turun hujan. Jadi melakukan aktivitas di luar ruang harus di pagi hari.

Selektif pilih destinasi wisata

Hindari traveling ke kota atau daerah dengan curah hujan tinggi. Pada saat musim hujan, daerah seperti ini akan diguyur hujan hampir sepanjang hari, sehingga para traveler yang ingin menjelajah pun tak berdaya dan hanya bisa berdiam di hotel saja.

Sebagai ‘plan B’, traveler bisa memilih objek wisata alternatif. Cobalah untuk mempersiapkan objek wisata alternatif, seperti tempat-tempat wisata indoor sebagai tempat wisata cadangan agar tetap bisa menikmati perjalanan tanpa harus repot mencari tempat berteduh. Jika pun terlanjur memilih tempat wisata outdoor, cobalah cari waktu yang tepat dimana hujan tidak akan turun pada waktu kunjungan.

Persiapkan perlengkapan

Perlengkapan pakaian ini meliputi beberapa item, antara lain: pakaian hangat, jas hujan atau payung, dan obat-obatan. Ketiga item ini akan sangat berguna saat traveling di musim hujan,

Saat musim hujan cuacanya akan lebih dingin dibandingkan dengan hari biasanya. Apalagi jika kegiatan traveling dilakukan di tempat yang memang bercuaca dingin. Nah, bawalah baju seperti sweater, jaket, long coat hingga capuchon tebal yang akan bermanfaat untuk menjaga tubuh dari hawa dingin.

Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah membawa jas hujan dan payung. Saat berpergian ke mana pun bawalah selalu jas hujan dan payung di tas jinjing atau ransel. Jadi kalau sewaktu-waktu turun hujan, kan tidak perlu kerepotan mencari tempat berlindung untuk berteduh.

Persiapkan Obat-obatan jika perlu

Untuk menjaga kegiatan traveling tetap menyenangkan dan fit, obat-obatan juga diperlukan. Cobalah bawa obat-obatan seperti minyak angin, vitamin c, obat flu, obat demam, obat batuk atau lainnya yang mungkin sewaktu-waktu diperlukan selama traveling. Asuransi perjalanan juga bisa digunakan dalam kondisi semacam ini, lho.

Kegiatan dalam ruang

Liburan di musim hujan tetap bisa berjalan, tapi mungkin lebih banyak aktivitas di dalam ruang. Misal mengikuti kelas memasak hidangan tradisional, atau kelas seni lainnya. Bisa juga mengunjungi museum atau objek wisata lain yang ada di dalam ruang lainnya.

Pilih hotel yang pas

Bila takut jadwal kegiatan di luar banyak terganggu, lebih baik pilih hotel dengan fasilitas lengkap. Sehingga ketika hujan turun, Anda masih bisa melakukan kegiatan lain tanpa harus ke luar hotel. Cukup mengikuti program yang diadakan di dalam atau seputar hotel.

Wisata Kuliner

Melakukan wisata kuliner menjadi pilihan asyik di musim hujan. Apalagi banyak destinasi wisata yang mempunyai pilihan menu lokal menggiurkan. Nah, di musim hujan, pilih lah kuliner yang berkuah hangat atau minuman hangat seperti kopi juga bisa jadi alternatif. Menjajal beberapa kedai kopi tentunya menjadi wisata kuliner yang seru.

Jangan lupa untuk makan nasi juga agar perut tetap kenyang dan tidak lapar ditengah cuaca yang dingin. Sebagai alternatif juga bisa membawa mie instan yang bisa dimasak di tempat penginapan saat sewaktu-waktu lapar. (Mil)

Sumber: Tempo/Guideku

You may also like