Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Anggota DPD RI Jabar, Asep Hidayat di SMK KH. Muhammad Ruhiat, Kota Tasikmalaya, Jumat (18/9).
GENIAL.ID, Tasikmalaya -  Nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar yaitu Pancasila, UUD RI 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi pedoman masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Demikian disampaikan Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, H. Asep Hidayat, S. Ag pada kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMK KH. Muhammad Ruhiat, Kota Tasikmalaya, Jumat  (18/9).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa, santri dan jajaran pengurus sekolah ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dan panduan yang telah ditetapkan oleh Kesesjenan MPR RI.

Senator yang akrab disapa Kang Asep ini mengajak  seluruh peserta kegiatan ini mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih pada kondisi pandemi Covid-19 ini, yang berdampak terhadap semua sektor, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus  menjadi pedoman dalam menghadapi situasi seperti ini.

Menurutnya dengan spirit gotong royong dan kemanusiaan pasti bangsa ini akan kuat dalam menghadapi pandemi Covid-19.  “Pandemi Covid-19 telah berdampak serius bagi kehidupan kita, bidang pendidikan, KBM tidak bisa dilaksanakan dengan tatap muka tapi harus jarak jauh, kemudian di bidang ekonomi, kehidupan semakin sulit. Maka, dalam suasana seperti ini, rasa kemanusiaan dan solidaritas kita diuji, untuk itu saya berpesan untuk tanamkan nilai-nilai Pancasila dalam  pergaulan sehari-hari, jika ada temannya yang susah dan sulit karena belum ada kiriman dari orang tua harus dibantu, jangan ada bullying sesama teman, saling support satu sama lain tapi dalam hal yang positif, "pesannya.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK KH. Muhammad Ruhiat mengatakan bahwa kegiatan Sosialiasi 4 Pilar MPR RI ini memberikan manfaat.  “Kegiatan ini sungguh bermanfaat untuk  memperkuat dan memperkokoh nilai-nilai kebangsaan bagi civitas akademika SMK KH Muhammad Ruhiat dan semoga dari alumni ada yang bisa menjadi pejabat dikemudian hari,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya, H. Muhammad Aminudin, M.Ag yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan pesannya  agar para generasi muda bangsa untuk memahami sejarah bangsanya terutama yang terkait dengan lahirnya Pancasila.

“Empat Pilar MPR adalah Soko Guru Bangsa dan generasi muda bangsa adalah penentu nasib bangsa kedepan. Jadilah anak bangsa yang paham sejarah bangsanya. Perlu kesadaran berjamaah untuk mengamalkan 4 pilar bangsa ini.  Pancasila tetap Pancasila haram jadi Trisila apalagi Ekasila, Pancasila sakti negeri semakin diberkati,” tutupnya.

Acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI berlangsung tidak kurang dari 3 jam ini diakhiri dengan tanya jawab dari peserta kepada narsumber dan ditutup do’a oleh Pimpinan Pondok Pesantren.
 

You may also like