Istimewa
Genial - Ditengah kondisi tantangan ekonomi global, yang dibutuhkan saat ini adalah kerja sama antara BUMN dan pihak swasta. Maka itu berikan kesempatan kepada pemerintah untuk bekerja secara maksimal untuk menghadapi tantangan ekonomi global ini. 

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir di SPBU MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan pada  Senin (23/12).

Dia mengatakan bahwa beberapa isu yang hangat diperbincangkan adalah ragu dengan kinerja pemerintahan. Itu penilaian yang tidak benar, justru saat ini kata Erick antar seluruh menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf ini saat ini sedang kompak untuk membereskan persoalan negara.

Maka itu, sekali dia berharap hilangkan keraguan. Dan berikan kepercayaan yang penuh kepada para menteri untuk bekerja semaksimal mungkin membereskan persoalan di bangsa ini. 

"Tolong kami, dengan segala kerendahan hati, tolong kami diberikan kesempatan bekerja. Menteri-menteri ini lagi kompak-kompaknya,"  ujarnya.  

Lebih lanjut dia menjelaskan  beberapa persoalan yang sedang diselesaikan oleh pemerintah antara lain adalah TPPI, Jiwasraya juga menurutnya sampai pada implementasi biodiesel B30. Ia menjelaskan selain kekompakan pemerintah juga perlu ada sinergi antara BUMN dan pihak swasta.

"Tidak mungkin TPPI bisa berjalan kalau tidak ada kesepakatan dengan Menteri Keuangan. Tidak ada kesepakatan dengan Menko Perekonomian dan ESDM. Ya tidak mungkin kita bekerja sendiri, sama B30 ini tidak mungkin kita berjalan kalau tidak ada peran swasta, bayangkan ada 18 perusahaan yang terlibat," jelasnya. 

Dia pun menjelaskan pentingnya keterlibatan swasta juga untuk menjaga stabiltas ekonomi dan juga mendorong BUMN bisa bekerja lebih maksimal. Ia menjelaskan kerjasama ini juga untuk menepis anggapan bahwa BUMN arogan dan monopoli.

"Kalau swastanya tidak mau, katanya Pertamina kan selama ini arogan, soliter, swasta juga sendiri-sendiri, kan tidak. Makanya Pertamina dan swasta bekerja sama melakukan B30 ini, dan ingat loh, pom-pom bensin ini tidak semuanya punya Pertamina, banyak juga punya individu-individu yang jualan seperti ini," jelasnya. (Mir) 

You may also like