Loka Rehabilitasi Sosial di Sulawesi Selatan
Genial -  Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Edi Suharto mengatakan bahwa Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dijadwalkan bakal meresmikan Loka Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) "Pangrangi" di Desa Pattopakang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Edi menjelaskan ini merupakan salah satu  dari lima UPT  yang dimiliki oleh Kementerian Sosial.  Empat UPT lainnya berlokasi di Jawa Barat, Medan (Sumut), dan Jakarta.

"Ini merupakan salah satu dari lima UPT milik Kementerian Sosial yang menyelenggarakan pelayanan rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan Napza,"ujarnya di Kabupaten Takalar, Sulsel, Rabu (12/2).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa lembaga yang dimiliki pemerintah pusat ini bersifat inklusi. Maka meskipun ini berada  di Sulsel, loka ini juga memberikan pelayanan kepada penyalahguna Napza rujukan dari provinsi yang lain.

Menurut dia Loka Rehabilitasi ini merupakan rujukan, terutama bagi penyangga wilayah Indonesia bagian timur dalam hal rehabilitasi sosial pada korban penyalahgunaan Napza.

Edi menuturkan bahwa pembangunan lembaga rehabilitasi sosial ini dilaksanakan secara bertahap selama kurang lebih tiga tahun dari 2016 hingga 2019 dan barulah akan diresmikan Mensos. Pada acara peresmian tersebut akan dilaksanakan tiga acara pokok yaitu penandatanganan prasasti dan penyerahan Permensos Nomor 6 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT “Pangurangi” Takalar dari Mensos kepada Dirjen Rehabilitasi Sosial, sebagai simbol dimulai beroperasinya lembaga ini dan penyaluran bantuan sosial Program Sembako 2020. (Mir) 

You may also like