Istimewa
GENIAL.ID, Medan - Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh warga Muhammadiyah di Sumatera Utara untuk menjadi pelopor dan penggerak gerakan mengenakan masker. 

"Mari warga Muhammadiyah jadilah pelopor dan penggerak kampanye memakai masker di daerah ini," ujarnya pada seminar nasional yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan tema Sinergitas Muhammadiyah dan Pemerintah Menghadapi Pandemi Covid-19 di Medan, Sabtu (12/9).

Muhadjir mengingatkan agar untuk selalu waspada terhadap Covid-19. Sebab jika dilihat dari jumlah  nasional dan di wilayah Sumatera Utara warga yang terpapar virus ini terus meningkat.  Maka itu, mulai dari saat ini semua pihak harus menyadari akan bahaya Covid-19, sebab sampai sekarang belum juga ditemukan vaksinnya.

"Sekali lagi saya sangat mengharapkan warga Muhammadiyah bisa jadi penggerak gerakan pakai masker, tentunya juga harapan yang sama kepada UMSU dan semuanya yang berhubungan dengan Muhammadiyah," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk melindungi diri dan orang lain, maka semuanya harus disiplin dalam menjalankan  protokol kesehatan,  terutama dalam memakai masker setiap menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya dihadapi oleh bangsa Indonesia, tetapi juga bangsa lain di dunia. Sebanyak 188 negara di dunia terus berupaya memikirkan berbagai usaha dalam upaya menutup mata rantai penyebaran Covid-19. "Tidak boleh dianggap remeh karena juga berdampak pada perekonomian dunia termasuk juga Indonesia. Untuk itu pemerintah juga terus memikirkan apa yang bisa menjadi solusi dalam upaya menangani dampak menurunnya perekonomian itu," ujarnya. 

You may also like