Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Genial - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada hari Selasa (19/11) membagikan penghargaan kota sehat Swasti Saba untuk 177 bupati dan wali kota. Harapannya inovasi-inovasi yang dilakukan di kota tersebut dapat menjadi contoh untuk daerah lain.

Indikator kebersihan, ketersediaan layanan kesehatan, dan program pengentasan stunting jadi contoh beberapa indikator yang dinilai. Menkes Terawan mengatakan stunting menjadi masalah yang harus dihadapi bersama dan mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

"Saat ini angka stunting sudah bisa diturunkan dari 37,2% di tahun 2013 menjadi 27,67% di 2019 dalam kurun waktu 6 tahun. Untuk percepatan penurunan angka stunting penyelenggaraan kabupaten kota sehat jadi salah satu wujud nyata upaya konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif," kata Menkes Terawan saat memberikan sambutan di lingkungan kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Selain memberikan penghargaan untuk bupati dan wali kota, Menkes Terawan juga mengapresiasi 6 gubernur dari provinsi yang dianggap sebagai pembina kota sehat terbaik. Provinsi yang mendapat penghargaan di antaranya Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Jambi, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat.

"Semoga momentum penghargaan Swasti Saba ini akan memberikan manfaat dan pemahaman yang sama akan arah kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh kabupaten kota Indonesia," pungkas Menkes Terawan. (Mil)

You may also like