Albert Einstein/Net
GENIAL.ID. Siapa yang tak kenal atau tak pernah mendengar Albert Einstein?

Dalam buku The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History, Michael H. Hart menempatkan Einstein di urutan ke-10, setelah Nabi Muhammad SAW, Isaac Newton, Yesus, Siddhartha Gautama, Kong Hu Cu, Santo Paulus, Ts'ai Lun, Johann Gutenberg dan Christopher Columbus.

Einstein lahir di Ulm, Jerman, pada 14 Maret 1879. Pada tahun 1880, keluarganya pindah ke Munich. Keluarga Einstein adalah penganut Yahudi Ashkenazi yang tidak taat, dan Albert bersekolah di SD Katolik di Munich. Pada usia 13 tahun, Einstein membaca Kritik atas Nalar Murni karya Kant. 

Einstein mengembangkan teori relativitas untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerakan Newton. Gelombang elektromagnetik dibuktikan bergerak pada kecepatan yang konstan, tanpa dipengaruhi gerakan sang pengamat. 

Inti pemikiran teori ini adalah bahwa dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama, tetapi isi hukum fisika akan terlihat sama oleh keduanya.

Einstein begitu terkenal dengan ekivalensi massa-energi, yaitu E = mc2: Energi dan massa ekivalen dan dapat berubah satu sama lain.

Einstein besar di masa kekuasan Jerman Nazi di bawah Adolf Hitler. Dan Einstein seorang Yahudi. Karena itu ia menjadi target perburuan dan pembunuhan oleh Nazi. Adolf Hitler menyebar sayembara siapapun yang bisa membawa kepalanya akan diberi imbalan 50 ribu poundsterling

Pada 17 Oktober 1933 Albert Einstein yang sedang melarikan diri dari kejaran Jerman Nazi pindah ke Amerika Serikat. Ia menetap di Amerika Serikat dan menjadi warga negara Amerika pada tahun 1940. [pmu]

You may also like