Mendikbud RI, Nadim Makarim menjadi pembina upacara pada upacara Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (25/11)
Genial - Memperingati Hari Guru Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar upacara.  Upacara diadakan di halaman kantor Kemendikbud, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (25/11) sekitar pukul 07.30 WIB.

Selain Mendikbud, Nadiem Makarim, upacara peringatan Hari Guru Nasional ini juga turut dihadri oleh Menko PMK, Muhadjir Efendy dan sejumlah mantan menteri, antara lain Bambang Soedibyo. Hadir juga perwakilan siswa dari jenjang SD hingga SMA, mahasiswa,  guru, dan dosen.

Ada hal yang beda, pada upacara Hari Guru Nasional ini Mendikbud, Nadiem sebagai pembina upacara menyiapkan pidato melalui video. "Saya yakin bapak-bapak, ibu-ibu banyak yang sudah membaca pidato Hari Guru Nasional sehingga saya tidak akan mengulang lagi di upacara ini. Namun kami sudah menyiapkan sebuah video pidato Hari Guru Nasional yang akan kita sajikan," tuturnya saat menyampaikan sambutannya.

Pada sambutannya, Mendikbud juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan bidang pendidikan di Indonesia selama lima tahun terakhir ini. Menteri Nadim berterimakasih atas jasa yang mereka lakukan sehingga memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

"Saya hanya ingin ucapkan apresiasi saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik Kemendikbud dan pemerintah pusat maupaun dinas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia atas pelaksanaan program-program selama lima tahun terakhir yang sudah berdampak positif kepada guru dan siswa se-Nusantara," jelasnya.

Sebelumnya, Mendikbud telah mempublikasikan pidatonya menyambut hari guru nasional  di laman Kemendikbud pada Sabtu (23/11). Dalam pidatonya Menteri Nadim menegaskan tidak akan memberikan janji-janji kosong kepada para guru.

"Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia," ujarnya Mendikbud dalam pidatonya.

Lebih lanjut dia juga mengajak kepada seluruh guru Indonesia melakukan inovasi dan melakukan perubahan-perubahan kecil di dalam kelas.  "Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas," imbuhnya. (Adv) 

You may also like