Ketua DPR RI, Puan Maharani
GENIAL.ID - Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani digoreng sedemikian rupa. Halnya, saat mengumumkan calon kepala daerah dari Sumatera Barat Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. 

Puan berkata: Untuk Provinsi Sumatera Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi Provinsi yang memang mendukung negara Pancasila."

Kepada siapa kata-kata Puan ditujukan?

Mari kita analisis teks. Puan sedang bicara di acara PDI Perjuangan, dan yang lebih utama ditujukan kepada Mulyadi dan Ali Mukhni.  Dalam bahasa sastra Arab dikenal: li kulli maqam maqal wa li kulli maqal maqam. Untuk setiap tempat ada ucapan yang sesuai dan untuk setiap ucapan ada tempat yang sesuai. Clear, konteknya pembicaraan Puan adalah sedang mengumumkan calon kepala daerah untuk Sumbar kepada seluruh kader PDI Perjuangan se-Indonesia.

Kedua, dalam bahasa Arab pula, dikenal Ijaz. Secara definisi, jami al ma-ani al-mutakatsiroh tahta al-lafz al-qalil al-waafi bi al-ghard ma'a al-ibanah wa al-ifshah. Artinya mengumpulkan makna yang banyak dengan menggunakan lafaz yang sedikit, akan tetapi tetap jelas dan sesuai dengan maksud pengungkapannya.

Dalam kata-kata Puan, ada makna terdalam dan pesan ideologis yang kuat yang disampaikan dengan kalimat-kalimat yang singkat. Tentu saja butuh kecerdasan untuk memahaminya. 

Selanjutnya, dalam sastra Arab juga dikenal adanya Majaz. Pernyataan Puan, dilihat dari konteks dan audiensnya jelas, zikr al-mahal wa iradat al-hal. Menyembut tempat padahal maksudnya kepada orang di dalamnya. 

Apakah orang dimaksud adalah warga Sumatera Barat? Tentu bukan. Maksudnya kata-kata itu ditujukan kepada Mulyadi dan Ali Mukhni.

Mari kita baca secara utuh 

Di Sumbar, PDI Perjuangan mengusung calon eksternal. Namanya Mulyadi dan Ali Mukhni. Dua calon ini diumumkan dalam acara internal PDI Perjuangan. Ada mukhatab (obyek yang diajak bicara-nya), dan jelas ada maqam dan mahal-nya (konteksnya)

Kepada Mulyadi dan Ali Mukni itulah Puan berharap agar Pancasila semakin membumi di bumi Sumatera Barat, yang juga tanah leluhur para pendiri bangsa. 

Kepada Mulyadi dan Ali Mukhni itulah Puan berharap agar dapat menghayati PDI Perjuangan sebagai Partai  yang berideologi Pancasila dan mengembalikan kejayaan Sumatera Barat sebagai tanah leluhur para pendiri bangsa. Sungguh mulia pesan ideologis Puan Maharani.  [Catatan Redaksi/ PMU]

You may also like