Istimewa
GENIAL.ID, Jakarta -  Presiden Joko Widodo belum lama ini melakukan sambungan telepon dengan Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan. Kedua pemimpin negara tersebut saling mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. 

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (28/5). 

Selain itu, Menlu mengatakan bahwa keduanya juga membahas soal penganganan pendemi global, Covid-19. Keduanya juga berdiskusi soal penerapan tatanan normal baru. 

Dalam diskusi melalui sambungan telefon kedua pemimpin ini berbicara bagaimana masyarakat bisa tetap produktif di tengah wabah pandemi ini, tapi mereka tetap aman tidak terinfeksi. 

Pemulihan ekonomi juga menjadi bahan diskusi Jokowi dan Erdogan. "Keduanya juga berdiskusi mengenai upaya-upaya pemulihan ekonomi serta menekankan mengenai pentingnya kerjasama ke depan untuk menyelesaikan masalah ini," imbuhnya.

Untuk diketahui pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan penerapan tatanan normal baru di sejumlah wilayah yang memiliki angka penularan COVID-19 rendah. Melalui tatanan normal baru ini masyarakat dapat beraktivitas normal namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

Penerapan tatanan normal baru ini pada tahap awal akan dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten. Selain itu juga akan dilakukan pada sektor-sektor tertentu salah satunya sektor pariwisata. (Mir) 

You may also like