Maradona/Net
GENIAL.ID. Siapa yang tak kenal Maradona? Diego Armando Maradona.

Dia legenda sepakbola dunia asal Argentina. Dia setara dengan Pele, yang juga legenda sepakbola dari Brazil.

Saat ini, pemain sepakbola yang dianggap seleval dengan Maradona adalah Lionel Messi. Namun tak semuanya sepakat.

Gabriel Omar Batistuta misalnya. Legenda timnas Argentina ini menilai Messi belum selevel dengan Maradona. Menurutnya, Messi tak memiliki kharisma seperti Maradona.

Maradona lahir tepat tanggal ini, 30 Oktober. Tahun 1960. Dia lahir dari keluarga miskin, anak keempat dari enam bersaudara.

Namun ia tak mau kalah dengan keadaan. Ia serius berlatih hingga dalam usia 12 tahun menjadi maskot klub Los Cebollitas. Bukan sebagai pemain, namun sebagai penghibur. Saat jeda pertandingan, ia menghibur penonton dengan keterampilan bermain bola.

Keahlian bermain Maradona kemudian menjadi legenda. Berkali-kali ia tampil dalam Piala Dunia.

Maradona dikenal sebagai pengatur serangan. Dan ia tak egois demi kemenangan. Ia bermain untuk tim yang dia perjuangkan, dengan menjadi pengumpan. Namun yang penting tujuan berhasil: gol!

Di kaki Maradona, permainan sangat indah. Ia bisa melakukan sprint cepat sambil men-driblle bola. Ia juga bisa menguasai bola dan lolos dari penjaga lawan.

Dan orang tak mungkin lupa dengan tendangan Rabona. Yaitu menyilangkan kaki berlawanan di belakang kaki yang menguasai bola untuk menendang bola. Saat melalukan tendangan bebas, hati-hati, sebab tendangannya sangat akurat dan mematikan. [pmu]

You may also like