Ilustrasi/Net
GENIAL. Sobat, lidah itu lebih berbahaya dan kejam daripada pedang. Karena itu, jagalah lidah kita agar tidak sembarangan bicara. Kata yang terucap tidak kekejar kembali.
 
Bicaralah yang penting. Bicaralah apa yang telah kita pikirkan, dan bukan semua yang kita pikirkan. Kita akan terima karma buruk jika selalu berkata buruk atau menyakiti orang.
 
Karma datang cepat sekali. Lebih cepat dari anak busur kena ke diri kita. Kekacauan dunia yang timbul kadang hanya karena lidah kecil berucap. Lidah tidak bertulang.
 
Semua kata atau kekacauan terucap karena belum bisa mengatur, menyeimbangakan, menenangkan pikiran yang masih penuh keirihatian dan kebodohan.
 
Kita harus gunakan pikiran untuk mengarahkan lidah. Jangan biarkan lidah melumpuhkan pikiran.
 
Lidah bisa membuat beban bertambah ataupun berkurang. Karena pikiran yang egois maka lidah hanya bisa menyelesaikan masalah sendiri tapi menyesatkan buat orang lain.
 
Tidak selalu mudah untuk melakukan hal yang benar. Tapi, melakukan hal yang benar membuatmu kuat. Itu membangun kepribadian atau karakter.
 
Doing the right thing is not always easy. But doing the right thing makes you strong, it builds personality or character. [***]
 
Surijaty Aminan.

You may also like