Genial - Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad M Ramli mengatakan, pada sore ini, Kamis (19/3/2020) pemerintah akan merilis layanan chatbot di Whatsapp penanganan informasi terkait virus Corona/COVID-19.

Layanan tersebut rencananya akan diumumkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johhny G. Plate yang dilakukan secara live streaming.

"Bahwa berkenaan dengan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat, Menteri Kominfo akan meluncurkan berbagai kemudahan layanan Telekomunikasi pada sore ini. Termasuk pemanfaatan chatbot dan platform yang detailnya agar menunggu penjelasan dalam Konpers sore ini," kata Ramli.

Ramli juga menyampaikan layanan chatbot Kominfo di WhatsApp tersebut nanti lebih difokuskan kepada penangan virus Corona yang saat ini tengah merebak.

Berdasarkan undangan yang diterima awak media, konferensi pers nanti untuk menjelaskan perkembangan kesiapan Kominfo dan jajaran telekomunikasi dan informatika dalam mendukung arahan presiden untuk melakukan social distancing.

Diberitakan, dibanding Rabu (18/3) kemarin, kini sudah ada peningkatan jumlah kematian akibat virus Corona di Indonesia. Total pasien positif Corona yang meninggal dunia menjadi 24 orang. Jumlah kasus positif COVID-19 yang menjangkiti WNI di mancanegara juga bertambah.

Angka-angka di bawah ini berasal dari keterangan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (Yuri), ditambah data dari situs Corona Jakarta milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan informasi dari Kementerian Luar Negeri RI.

Bila dibandingkan dengan keterangan Yuri pada Rabu (18/3) kemarin, saat ini sudah terjadi peningkatan jumlah kematian pasien positif COVID-19 di Jakarta sebanyak 5 orang, yakni dari yang semula 12 orang meninggal dunia menjadi 17 orang meninggal dunia.

Dengan demikian, total jumlah korban positif COVID-19 yang meninggal dunia secara nasional juga berubah, dari yang semula 19 orang menjadi 24 orang.

Di luar negeri, ada kasus baru positif COVID-19 terkait WNI, yakni di Makau. Selain itu, ada peningkatan jumlah WNI positif COVID-19 di Singapura dan Malaysia. Total ada 40 WNI di 7 negara yang positif COVID-19, 10 di antaranya sudah sembuh. (Mil)

You may also like