Kepala Divisi Humas Polri Irjen  Muhammad Iqbal (Net)
Genial -  Kepala Divisi Humas Polri Irjen  Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Kepala Polri Jenderal Idham Azis tidak akan segan-segan mencopot oknum anggota kepolisian yang melakukan pemerasan. Sikap tegas ini untuk merespon pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta agar oknum polisi yang melakukan pemerasan kepada pelaku usaha agar dipecat.

"Prinsipnya kalau ada oknum itu, Bapak Kapolri tidak segan-segan melakukan tindakan tegas," ujarnya di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). 

Iqbal mengatakan sebelum Presiden Jokowi mengungkapkan pernyataan tersebut pihaknya telah melakukan pengawasan terkait gal tersebut. Dia menjelaskan pengawasan tersebut dijalankan oleh Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri dan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Lebih lanjut Iqbal juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah melakukan upaya pencegahan agar anggotanya tidak melakukan tindakan yang menyimpang.  "Jadi bukan hanya muncul dulu baru kita tindak, tetapi kami melakukan upaya-upaya pencegahan," ungkapnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo  dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah 2019 di Sentul, Bogor, Rabu (13/11) secara terus terang bahwa dia kerap mendapat laporan mengenai banyaknya oknum polisi dan jaksa yang melakukan pemerasan kepada pelaku usaha.  (Mir) 

You may also like