Istimewa
GENIAL.ID, Cirebon -   Tujuh desa mandiri di Kabupaten Cirebon mendapat mobil aspirasi kampung juara (Maskara) pada Minggu (20/9).  Maskara tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil. 

Kang Emil menjelaskan,  pemberian Maskara tersebut hanya untuk  desa-desa yang sudah  naik kelas menjadi desa mandiri. Ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada desa-desa yang lain. 

"Ini untuk  menyemangati desa yang ada di Jawa Barat untuk naik kelas menjadi desa mandiri atau bintang lima," jelasnya.

Dia menjelaskan, Maskara bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membawa warga yang sakit ke fasilitas kesehatan hingga ​​​​memasarkan produk usaha kecil dan menengah di desa. "Bisa untuk menonton, tempat penjualan produk desa, angkut penumpang acara pernikahan, orang sakit, bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkut jenazah," katanya.

Kang Emil menuturkan, pada tahun 2018 masih ada desa yang sangat tertinggal dan tertinggal di wilayah Jawa Barat. Desa dengan dua kategori itu sudah tidak ada lagi di wilayah Jawa Barat pada 2020. "Per tahun ini desa sangat tertinggal dan desa tertinggal di Jawa Barat sudah tidak ada," katanya.

You may also like