Istimewa/Net
Genial - Terkadang manusia sering berfikir ingin melakukan kebaikan-kebaikan yang besar. Dan meremehkan melakukan kebaikan-kebaikan kecil, misalnya menyingkirkan krikil di jalan, atau kebaikan  kecil lainnya. Padahal, itu adalah pemikiran yang kurang tepat.  

Dalam melakukan kebaikan Allah SWT tidak melihat kecil atau besar. Bahkan kita diingatkan oleh Nabi Muhammad SAW agar umatnya jangan sampai meremehkan amal kebaikan meskipun amal kebaikan tersebut terlihat sangat kecil.

Nabi Muhammad SAW bersabda “ Jangan kamu menganggap remeh suatu kebaikan, meski sekadar bermanis muka ketika menemui saudaramu,” (HR. Muslim nomor 2626 dari Abu Dzar al-Ghifari).

Rasul mengingatkan kepada semua, agar terus melakukan kebaikan meskipun kebaikan yang kita lakukan terlihat sangat kecil. Sampai hanya tersenyum saat bertemu dengan saudara,  ini di mata Allah  merupakan suatu kebaikan yang agung.

Apa yang disabdakan oleh baginda nabi Muhammad SAW seharusnya memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan dalam melakukan amal shalih. Jangan pandang remeh suatu kebaikan. Berapa banyak amal yang terlihat remeh dan kecil namun bisa menghatarkan kepada pelakunya masuk kedalam Surga.

Seperti disabdakan oleh Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari (no.171) dari Abu Harairah nabi mengatakan ada seseorang yang masuk surga hanya karena memberi minum seekor anjing yang sedang kehausan.

Dalam kehidupan sosial sebagai muslim kita harus menebar kebaikan kepada siapapun, baik kepada sesama muslim, non muslim, bahkan kepada mahluk ciptaan Allah yang lain (Bintang dan tumbuhan). Jika umat muslim senantiasa menebar kebaikan kepada sesama maka Islam akan menjadi rahmat bagi alam semesta. 

Tulisan singkat ini semoga menjadi pengingat kita semua. Terus lah menebar kebaikan, meski hanya tersenyum atau menyingkirkan krikil di tengah jalan. Apabila dilakukan dengan ikhlas maka ini akan mendatangkan ridho Allah SWT.  Jangan remehkan amal kecil, siapa tahu dengan amal itu akan menghantarkan kita kedalam surga.  (Mir) 

You may also like