Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya jerawat (net).
Genial - Sobat Genial pasti sudah tahu, jerawat adalah masalah kulit yang paling umum. Rasa perih dan gatal yang ditimbulkan kerap menjadi 'mimpi buruk' bagi pemiliknya. Beberapa ramuan alami dapat membantu Anda mengatasi jerawat.

Jerawat muncul saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Umumnya jerawat ditandai dengan bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh.

Kemunculan jerawat sendiri disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari perubahan hormon, perawatan kulit yang salah, gaya hidup tidak higienis, hingga paparan debu. 

Namun, Sobat Genial tak perlu khawatir. Untuk mengatasinya bisa mencoba beberapa ramuan berikut, mengutip Boldsky.

1. Jus lemon dan gliserin
Perpaduan antara keduanya dapat membantu mengatasi jerawat. Perpaduan itu didapat dari sifat antioksidan pada jus lemon dan sifat antiinflamasi pada gliserin yang dapat membersihkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi.

Bahan:
1 sendok teh jus lemon
1 sendok teh gliserin

Campur kedua bahan dalam satu mangkuk. Oleskan pada daerah yang terkena dengan menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

2. Minyak kelapa
Sifat emolien, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimiliki membuat minyak kelapa menjadi obat ampuh untuk membersihkan kulit secara mendalam, termasuk di antaranya mengatasi jerawat.

Oleskan sedikit minyak kelapa pada bagian yang terkena dan lakukan pemijatan selama beberapa menit. Biarkan selama semalam dan bilas dengan menggunakan air hangat di pagi harinya.

3. Es batu
Menggosokkan es batu pada bagian yang terkena dapat membantu mengatasi jerawat. Es batu membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Gosok es batu pada daerah yang terkena selama beberapa menit. Biarkan area tersebut mengering dengan sendirinya tanpa perlu ditutupi kain apa pun.

4. Cuka apel dan tomat
Likopen yang ada dalam tomat mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sementara sifat asam cuka apel membantu membersihkan kulit secara mendalam dan menghilangkan jerawat.

Bahan:
1 sendok makan tomat yang telah dihancurkan
1/2 sendok teh cuka sari apel

Aduk tomat dan cuka apel. Oleskan campuran pada daerah yang terkena dan biarkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas hingga bersih.

5. Garam laut dan susu kambing
Garam laut dapat membantu kulit melakukan proses eksfoliasi. Sementara susu kambing memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari jerawat.

Bahan:
1 sendok makan garam laut
1/2 gelas susu kambing

Tambahkan garam laut ke dalam 1/2 gelas susu kambing dan aduk hingga merata. Oleskan campuran pada daerah yang terkena dengan menggunakan bola kapas. Biarkan mengering dan bilas hingga bersih. Sebagai penutup, oleskan losion pada bagian yang terkena.

6. Yogurt dan kunyit
Sifat antiseptik yang dimiliki kunyit dicampur dengan sifat asam dari yogurt menjadikan campuran keduanya sebagai obat tepat untuk mengatasi jerawat.

Bahan:
1/2 sendok makan yogurt
1 sendok teh kunyit

Campur yogurt dan kunyit dalam satu mangkuk. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan mengering. Setelahnya, bilas menggunakan air hangat.

7. Rumput laut dan nanas
Nanas mengandung asam glikolat yang dapat mengurangi rasa sakit pada jerawat. Sementara mineral dan vitamin penting yang ada pada rumput laut dapat membantu mengunci kelembapan kulit.

Bahan:
1 sendok teh ekstrak rumput laut
1/2 sendok teh jus nanas

Campur ekstrak rumput laut dan jus nanas hingga merata. Oleskan campuran pada daerah yang terkena. Biarkan selama 20 menit, bilas, dan keringkan.

Selain mencoba tujuh racikan di atas, Anda juga perlu menghidrasi tubuh dengan baik. Jaga pula kebersihan tubuh dan lakukan eksfoliasi setidaknya satu kali dalam seminggu.

Jika Anda rentan terhadap jerawat, hindari pakaian berbahan nilon atau sintetis. Kenakan pakaian berbahan katun dengan ukuran longgar yang membuat Anda lebih leluasa. (Mil)

You may also like