Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, meresmikan penggunaan gedung baru PAUD KM “0” Kemendikbud, yang berlokasi di gedung E lantai dasar, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (23/12).
Genial - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menekankan pentingnya kualitas interaksi antara guru dan murid dalam mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ideal. 

Menurutnya PAUD yang ideal adalah PAUD yang memiliki guru yang benar-benar hadir setulus hati  mencintai muridnya. Jika para guru tidak tulus mencintai muridnya maka PAUD bisa berubah hanya menjadi tempat penitipan anak. 

"Menurut saya PAUD yang paling ideal adalah yang memiliki  guru yang benar-benar mencintai muridnya. Itu yang penting. Walaupun sarana prasarana penting, namun kebatinan antara guru dan murid itu yang paling penting," ujar Mendikbud usai meresmikan penggunaan gedung baru PAUD Km "0" di Kementeiran Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan,  Jakarta, Senin (23/12).

Menurutnya yang terlebih penting adalah terpenuhinya guru PAUD yang berkualitas. Jika ini sudah terpenuhi maka fasilitas pendukung lain seperti buku, area bermain, permainan, dan kondisi ruang belajar yang nyaman bisa kita penuhi secara bertahap.  "Kuncinya itu sumber daya manusianya dulu, itu yang penting," tegasnya. 

Nadiem mengatakan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk membenahi PAUD, termasuk menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas, fasilitas pendukung kegiatan belajar, serta fasilitas pendukung bagi guru. Para guru PAUD menurutnya  membutuhkan dukungan fasilitas supaya bisa meningkatkan kemampuan dan menjalankan tugasnya dengan baik.

"PAUD merupakan suatu proses saintifik, jadi guru-guru harus mencoba aktif untuk bisa menarik perhatian murid. Jadi itu harus suatu yang organik, stimulasi dan kolaborasi antar-guru PAUD sangat penting," katanya.

Perlu diketahui didampingi istri Franka Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, meresmikan penggunaan gedung baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) KM “0” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang berlokasi di gedung E lantai dasar, Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Sebelumnya PAUD KM "0" menempati basement Gedung A.

Pada kesempatan ini Mendikbud berharap PAUD KM "0" dapat menjadi contoh bagi lembaga PAUD lainnya. “Saya berharap PAUD KM “0” dapat menjadi contoh bagi lembaga PAUD lainnya,” pesan Mendikbud saat meresmikan PAUD KM “0”, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (23/12).  (Adv) 

You may also like