shutterstock/net
Genial - Sobat Genial, Kesibukan yang dijalani sering bikin lupa untuk merawat mobil sendiri. Padahal, perawatan secara berkala itu penting untuk menjaga mesin mobil tetap awet sehingga bisa menemani beragam aktivitas lebih lama. Yuk, saatnya lebih perhatikan kondisi mobilmu, lakukan 6 langkah perawatan mobil dari Daihatsu yang gampang dilakukan sehari-hari.

1. Cek Oli Mesin Secara Berkala

Ini dia hal pertama yang harus diperhatikan dalam perawatan mesin mobil. Pastikan kamu selalu melakukan cek ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang terlihat pada stik cek oli. Hal ini sangat penting karena oli bekerja melumasi mesin. Kekurangan oli sendiri bisa menyebabkan kerusakan mesin yang tentunya mempengaruhi performa mobil kamu.

2. Periksa Ketinggian Air Radiator

Selain oli, komponen lain yang perlu diperiksa secara rutin adalah ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Jangan abaikan hal yang satu ini, sebab kekurangan air radiator bisa berisiko membuat mesin overheat. Jika jumlahnya mulai menurun, kamu bisa menambahkannya dengan air radiator resmi dari Daihatsu.

3. Cek Minyak Power Steering

Jika kamu menggunakan jenis kendaraan yang menggunakan power steering tipe hidrolik, pengecekan yang satu ini juga nggak boleh dilewatkan. Periksa selalu minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada di tangki penampungan minyak power steering. Selain itu, perhatikan juga hal ini. Sebelum mematikan mesin, pastikan roda depan tetap dalam keadaan lurus supaya kinerja power steering tetap baik. Penting juga untuk menggunakan minyak power steering yang sudah direkomendasikan.

4. Perhatikan Juga Air di Tangki Wiper

Coba ingat-ingat kembali, seberapa sering kamu melakukan pengecekan air yang ada di tangki wiper? Hal yang satu ini sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper selalu dalam kondisi penuh dengan mengecek selalu batas maksimal dan minimal yang ada di tangki.

5. Jaga Kinerja Pengereman Tetap Optimal

Rem menjadi salah satu komponen yang penting karena menyangkut keamanan saat berkendara. Demi kinerja pengereman yang optimal, cek selalu ketinggian minyak rem agar berada dalam batas maksimum dan gunakan minyak rem yang direkomendasikan. Jika kondisi minyak rem sudah mencapai batas minimum dan lampu indicator rem menyala, segera hubungi bengkel Daihatsu terdekat.

6. Jika Menggunakan Aki Basah

Bagi kamu yang menggunakan aki basah, jangan lupa untuk selalu melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel berada di lower level dan upper level. Isilah air aki secara berkala agar aki bisa tetap menjalankan fungsinya secara optimal.

Itu tadi beberapa tips perawatan mobil dari Daihatsu yang bisa kamu terapkan agar mesin tetap awet tahan lama. Nggak seribet yang dibayangkan bukan? Bagi para pengguna mobil Daihatsu juga dapat mempercayakan perawatan mobilnya di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal. (Mil)

You may also like