Istimewa
Genial -  Sobat Genial bagi yang memiliki sepeda motor harus hati-hati dalam merawat rantai sepeda motor anda. Dan yang paling diperhatikan jangan sampai melumasi rantai sepeda motor anda dengan oli bekas. 

Mengapa rantai sepeda motor tidak boleh dilumasi dengan oli bekar?.   Bagas Windianto dari GMA Product Series memberikan jawabannya. Jika anda melumasi rantai sepeda motor menggunakan oli bekas ini sangat bahaya, sebab rantai akan cepat aus. 

Menurutnya masih banyak orang yang memanfaatkan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Bisa jadi karena alasan ekonomis, ini juga bisa jadi karena cepat dan mudah sehingga tidak memakan banyak waktu. 

Tapi mereka tidak menyadari akibat kelalainya ini akan membuat rantai sepeda motor anda aus dan cepat rusak.

"Namun yang patut diperhatikan adalah, jangan melumasi rantai denan oli bekas. Hal ini kerap terjadi khususnya bila ingin menghemat waktu, jadi pakai yang ada saja. Bahayanya, rantai cepat aus," jelasnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan mengapa oli bekas tidak baik digunakan untuk melumasi rantai motor. Sebab oli bekas memiliki kandungan kotoran dari dalam mesin. Sehingga, membuat rantai menjadi lebih kotor saat dilakukan pelumasan menggunakan oli tersebut.

"Rantai itu ada pelindugnya, ketika dilumasi oli bekas malah menjadi cepat panas dan mengeras. Kelamaan, jadi aus," jelasnya. 

Selain itu, dia juga mengingatkan agar kita juga tidak boleh membersihkan rantai motor dengan bensin. Menurutnya ini akan membuat rantai kering dan gesekannya dengan gir semakin kuat, membuat rantai cepat rusak.

Maka itu dia mengingatkan kepada kita semua, apalagi saat ini memasuki musim penghujan. Memberikan perawatan rantai motor harus juga menjadi perhatian penting.  

Sebab, rantai juga merupakan komponen penting. Jika rantai motor bermasalah maka anda juga tidak akan nyaman dalam berkendaraan. 

Dia mengingatkan agar rantai bersih dan kuat maka seminggu sekali harus diberi pelumas.  "Sekalipun dibersihkan, kembali dilumasi menggunakan oli baru atau cairan khusus rantai. Jika dalam kondisi hujan, baiknya pelumasan dilakukan seminggu sekali," katanya. (Mir) 

You may also like