Ilustrasi buah tinggi serat (net)
Genial - Serat sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, saat ini konsumsi masyarakat terhadap serat masih cukup rendah.

"Orang Indonesia asupan seratnya sangat rendah. Saat ini baru 11 persen. Padahal, serat sangat penting bagi manusia," ujar spesialis gizi klinis, Juwalita Surapsari, saat peluncuran Fastbite di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Makanan maupun buah-buahan yang tinggi mengandung serat akan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mampu untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

"Makanan yang tak memiliki tinggi serat, maka akan membuat seseorang mudah lapar. Sementara serat dapaat menunda lapar," kata Juwalita.

Saat ini, ada banyak buah yang memiliki tinggi serat yang dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam buah tersebut.

Apel

Buah yang pertama yang memiliki banyak serat adalah Apple. Satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram serat. Selain itu, apel diperkaya dengan pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Avokad

Buah ini dikenal bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Tapi, yang juga perlu diketahui bahwa buah ini memiliki kandungan tinggi serat. Avokad dapat membantu menurunkan kolesterol yang tinggi dan mengurangi risiko sakit jantung karena buah ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh.

Pisang

Selain alpukat, pisang juga termasuk buah yang memiliki tinggi serat yang wajib Anda konsumsi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat 3,1 gram serat.

Jambu Biji Merah

Buah ini memiliki kadar kalori yang rendah, tapi kaya vitamin C serta kandungan serat yang tinggi yaitu 7.3 gram serat per 100 gram daging buahnya.

Pir

Pir memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel, dengan kadar air yang lebih tinggi. Buah ini mengandung serat sebanyak 3,1 gram per 100 gram buahnya.

Stroberi

Buah yang satu ini memiliki kadar serat 2 gram per ons. Kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah sehingga cocok untuk mereka yang yang berusaha mengurangi berat badan. Selain serat, stroberi juga mengandung vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan. (Mil)

You may also like